Michael Jordan menjadi fenomena sendiri pada 1990-an. Selain kehebatannya di lapangan, ia juga terkenal dengan kesuksesannya dalam berbisnis. Jordan merupakan salah satu atlet kaya yang meraup untung dari merek Jordan dan Nike.

Setelah pensiun, uang hasil jeri payahnya digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya sebagai sumbangan. Sebab, bekas pemain Chicago Bulls itu merupakan salah satu atlet yang peduli. Ia tidak pernah lupa dari mana asalnya.

Jordan belakangan bahkan menyumbangkan uangnya kepada almamater sekolahnya di Carolina Utara. Jackson Fuller, Star News Online, melaporkan bahwa pemain legendaris itu menyumbangkan AS$1,1 juta kepada Laney High Scool.

Fred Lynch, direktur olahraga Laney, mengonfirmasi hal itu.

“Bertentangan dengan kepercayaan populer, Michael selalu memikirkan kami,” kata Lynch, per Star News Online. “Orang-orang terkejut ketika hal-hal seperti ini terjadi, tetapi kami tidak terkejut di sini di Laney. Ini tidak selalu dipublikasikan, tetapi selalu jadi sedikit perubahan kecil yang bagus untuk Laney.”

Lynch menjelaskan, sebagian sumbangan itu akan masuk ke departemen olahraga. Sementara itu, sisanya dibagikan ke berbagai aspek.

Laney bukanlah pihak pertama yang mendapat sumbangan dari Jordan. Pemilik klub Charlotte Hornets itu juga sempat menyumbang ke tempat lain dalam satu tahun terakhir ini. Jordan menyumbangkan AS$2 juta kepada Wilmington pascabencana Badai Florence pada September 2018 lalu. Kebetulan Wilmington adalah kampung halamannya.

Kepedulian Jordan terhadap kampung halamannya menunjukkan pribadinya yang dermawan. Laney dan Lynch mengetahui hal itu. Jordan selalu berkontribusi dalam perubahan Carolina Utara. Ia akan terus begitu. (GNP)

Foto: NBA

Komentar