PP Perbasi mengadakan musyawarah nasional (munas) pada hari ini dan besok di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Utara. Agenda utama munas ini untuk pemilihan Ketua Umum PP Perbasi 2024-2028 dan pembahasan program kerja periode berikutnya.

Munas tersebut dihadiri oleh ketua dan wakil dari seluruh pengurus provinsi (pengprov), pengurus kota (pengkot), dan pengurus kabupaten (pengkot). Peserta mencapai total lebih dari 500 orang.

Pada hari pertama munas, ada tiga sesi sidang pleno. Sesi pertama tentang pengesahan jadwal dan tata tertib munas. Sesi kedua tentang laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengurus periode 2019-2024. Sesi ketiga tentang pembahasan program kerja selama delapan tahun mendatang.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menjelaskan ada beberapa hal yang akan dilakukan dalam munas ini. Tidak hanya pemilihan ketum baru. Mereka juga akan melakukan perubahan beberapa poin AD/ART, modernisasi logo, dan pengesahan Mars Bola Basket.

“Ada juga perubahan AD/ART. Kami mengusulkan perubahan logo Perbasi yang baru. Kemudian juga ada perubahan lain di AD/ART yang normal seperti munas pada umumnya,” kata Nirmala kepada para awak media.

Pengurus PP Perbasi 2019-2023 ini berlangsung satu tahun lebih lama. Mereka memperpanjang kepengurusan seiring adanya pagelaran Piala Dunia FIBA 2023. Untuk itu, munas mundur satu tahun setelah PON XX/2024 Aceh-Sumut.

Pada hari kedua munas, ada lanjutan sidang pleno III.  Setelah itu sidang pleno IV yang juga merupakan pemilihan ketua umum. Dalam sesi tersebut, calon ketum akan memaparkan visi dan misinya.

Ketua Umum PP Perbasi dua periode sebelumnya dijabat oleh Danny Kosasih. Tetapi pria yang akrab disapa Susuk itu tidak sempat menyelesaikan masa jabatannya hingga munas. Danny meninggal dunia pada 5 September 2024. Posisinya digantikan oleh Ardima Rama Putra yang menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketum.

Bursa ketum PP Perbasi 2024-2028 ini menampilkan calon tunggal yaitu Budisatrio Djiwandono. Budi mendapat dukungan dari 28 pengprov. Sempat ada Yos Paguno tapi ia tidak mengembalikan formulir.

Budi bukan nama asing di dunia basket Indonesia. Keponakan Prabowo Subianto itu pernah menjadi Sekjen PP Perbasi di periode pertama Ketum Danny Kosasih. Budi juga menjadi Ketua Panitia Pelaksana Lokal (LOC) Piala Dunia FIBA 2023. (rag)

Foto: Ragil Putri Irmalia

Komentar