Dwyane Wade adalah sosok yang menjadi pusat dari banyak momen Miami Heat dalam sejarah tim. Pada hari Minggu (27/10) Heat meresmikan patung perunggu Wade di tangga depan Kaseya Center. Ini adalah patung pertama yang pernah dipajang di arena kandang Miami Heat dalam 37 musim waralaba tersebut.

Ada begitu banyak momen ikonik yang dapat dipilih sepanjang karier legendaris Wade di Heat. Tetapi yang diabadikan dalam bentuk patung di depan Kaseya Center adalah momen kemenangannya dalam pertandingan pada tanggal 9 Maret 2009 selama musim NBA keenamnya. 

Wade mengakhiri penampilan yang mengesankan itu dengan 48 poin, 6 rebound, 12 asis, 4 steal, dan 3 blok untuk memimpin Heat meraih kemenangan atas Chicago Bulls di AmericanAirlines Arena. Namun tembakan terakhir Wade dalam pertandingan itulah yang membuat malam di bulan Maret 2009 ini menjadi salah satu yang paling berkesan dalam kariernya. Wade mencuri bola dari John Salmons yang saat itu menjadi garda Bulls dan berlari cepat di lapangan untuk membuat tripoin kemenangan dengan satu kaki saat waktu habis untuk memecah kedudukan seri 127-127. Momen ini juga dikenal dengan nama "This is my house!".

"Saya tidak bermain untuk ini," kata Wade dalam pidatonya beberapa menit setelah patung tersebut diresmikan dalam sebuah upacara di West Plaza tempat berlangsungnya pertandingan. "Saya tidak mengambil bola basket untuk ini. Saya mengambil bola basket untuk mengubah hidup keluarga saya. ... Saya tidak dapat menulis naskah ini dengan lebih baik lagi." 

Karier Wade di NBA berlangsung selama 16 musim dan termasuk 13 kali terpilih dalam All-Star Game, menghabiskan 13 musim pertama kariernya bersama Heat sebelum sempat hengkang di tengah sengketa kontrak untuk menghabiskan musim 2016-2017 bersama Chicago Bulls dan sebagian musim 2017-2018 bersama Cleveland Cavaliers. 

Namun, Wade diperdagangkan kembali ke Heat di pertengahan musim 2017-2018 untuk mengakhiri kariernya di Miami, memasuki masa pensiun di akhir musim 2018-2019. Wade, sudah menjadi salah satu dari enam pemain Heat yang kausnya dipensiunkan oleh organisasi tersebut. Ia juga menjadi pemain draft Heat pertama yang dilantik ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame saat ia dilantik sebagai bagian dari kelas 2023. 

Setelah peresmian patung pada hari Minggu, Heat akan menyelenggarakan "Dwyane Wade Statue Night" selama pertandingan hari Senin melawan Detroit Pistons di Kaseya Center. Acara ini juga sekaligus menjadi peringatan 21 tahun debut Wade di NBA pada tahun 2003. 

Wade akan menyapa penonton selama peresmian di babak pertama, dengan penghormatan dalam bentuk video untuk kariernya di Hall of Fame yang ditayangkan di seluruh pertandingan hari Senin. Hari Senin akan menjadi puncak perayaan bagi Heat, karena tim tersebut juga memperingati dimulainya musim ke-30 presiden Heat Pat Riley bersama organisasi tersebut dengan meresmikan "Pat Riley Court di Kaseya Center" dalam upacara turun minum selama pembukaan musim hari Rabu. (*)

Foto: Miami Herald

Populer

Kevin Durant Hentikan Dominasi Luka Doncic
Lakers Akhirnya Menang Melawan Kings Sejak 2023
Sempat Rusuh, Spurs Akhirnya Menang dari Rockets
Buddy Hield Menyala, Cetak Rekor di Laga Kedua Bersama Warriors
Sepatu Wembanyama yang Terinspirasi dari "Star Wars"
JJ Redick Akui Kemampuan Austin Reave
Celtics Pecah Rekor NBA Dalam Tiga Pertandingan Pertamanya
Miami Heat Resmikan Patung Dwyane Wade di Depan Kaseya Center
Devin Booker Kembalikan Jalur Warna Favoritnya di Tahun 2018
Johannis Winar Gantikan Milos Pejic Sebagai Pelatih Timnas