Timnas Indonesia bersiap menghadapi Jendela 2 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) mengumumkan 18 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (training center). Rencananya TC dilaksanakan mulai lusa (27/10).

Ada beberapa nama menarik yang dipanggil TC kali ini. Tentu saja kembalinya Abraham Damar Grahita. Nama Abraham “dibekukan” dari timnas setelah gugatan Prawira Harum Bandung pada Maret 2023. Abraham melewatkan Asian Games 2022 (2023) dan Jendela 1 pada Februari lalu.

Abraham tidak sendiri. Ada Abraham lain dalam daftar TC timnas ini. Dia adalah Abraham Wenas yang bermain untuk Kesatria Bengawan Solo pada IBL 2024. Wenas terpilih dalam IBL All-Star 2024. Ia mencetak rata-rata 25 poin, 6 asis, dan 5 rebound per gim.

Timnas juga memanggil kembali Derrick Michael Xzavierro. Derrick terakhir kali berseragam timnas pada FIBA Asia Cup 2022. Setelah itu, Derrick menempuh perguruan tinggi di AS dengan bergabung dengan Grand Canyon University. Derrick pindah ke Long Beach State University tahun ini.

Untuk pilihan pemain naturalisasi, timnas memilih Anthony Beane Jr. Ia turut serta membawa Pelita Bakrie Jakarta juara IBL 2024. Sedangkan Kaleb Ramot Gemilang tercatat sebagai pemain tertua di daftar tersebut dengan usia 33 tahun.

Selebihnya merupakan pemain yang tampil di Jendela 1. Kecuali Aven Ryan Pratama, Pandu Wiguna, dan Yudha Saputera. Pandu sebenarnya dipanggil TC pada Februari tapi sedang mengalami cedera lutut. Sedangkan Yudha tidak ikut karena operasi amandel.

Perubahan juga terjadi di tim kepelatihan. Milos Pejic tidak lagi menjadi kepala pelatih. Posisinya digantikan oleh Johannis Winar, yang membawa Pelita Jaya juara IBL 2024 dan All Indonesian 2024. Youbel Sondakh menjadi asisten pelatih.

Timnas babak belur di Jendela 1 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 Grup A. Mereka kalah 73-56 dari Thailand dan 51-106 dari Australia. Pada Jendela 2, Indonesia akan bertandang Korea Selatan pada 21 November 2024. Kemudian menjamu Thailand pada 24 November 2024 di Indonesia Arena, Jakarta. (rag)

 

Daftar Pemain untuk Pemusatan Latihan Jendela 2 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025:

Aldy Izzatur Rahman (Pelita Jaya)

Ali Bagir Alhadar (Satria Muda)

Derrick Michael Xzavierro (Long Beach State)

Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Banten)

Reza Guntara (Pelita Jaya)

Yudha Saputera (Prawira)

Vincent Rivaldi Kosasih (Pelita Jaya)

Widyanta Putra Teja (Satria Muda)

Avan Seputra (Satria Muda)

Aven Ryan Pratama (Pacific Caesar)

Agassi Goantara (Pelita Jaya)

Abraham Wenas (Kesatria Bengawan Solo)

Abraham Damar Grahita (Satria Muda)

Julian Chalias (Satria Muda)

Pandu Wiguna (Prawira)

Anthony Bean Jr. (Pelita Jaya)

Komentar