NBA Cup memasuki musim kedua. Turnamen tengah musim tersebut memiliki ciri khas yakni desain lapangan yang berwarna cerah. Pada musim ini, NBA melakukan perubahan dengan membuat desain yang lebih nyaman dilihat.

Musim lalu turnamen tersebut bermana In-Season Tournament. Los Angeles Lakers menjadi pemenang pertama. Mereka mengalahkan Indiana Pacers di final. Untuk kebutuhan komersil, kali ini turnamen tersebut bernama Emirates NBA Cup 2024.

NBA merilis desain lapangan baru pada Kamis (24/10) waktu setempat. Mereka menggandeng seniman Victor Solomon untuk membuat tampilan lapangan yang dipergunakan 30 tim.

Dalam keterangan resminya, liga menjelaskan beberapa perubahan dalam desain lapangan NBA Cup 2024. Mereka menghilangkan desain garis yang membentang sepanjang 16 kaki dengan nama julukan masing-masing kita.

Sebagai gantinya, Solomon membuat lingkaran konsentris di tengah lapangan dengan tiga gradasi warna sesuai ciri khas tim. Lingkaran tersebut merupakan representasi tiga babak di NBA Cup yakni penyisihan grup, perempat final, serta semifinal plus final di Las Vegas.

“Kami tidak mau lapangan terlihat terlalu berisik atau mendominasi. Semacam belajar dari tahun lalu. Jadi kami memutuskan menggunakan konsep lingkaran yang sederhana tapi sangat gestural dimana kami mengambil warna inti tim dan gradien yang mengikutinya,” kata Solomon kepada Tim Newcomb dari Forbes.

Lapangan NBA Cup 2024 tetap berwarna. Tapi Solomon mengurangi tingkat keterangan warna. Ada delapan tim dengan warna dasar lapangan abu-abu. Sembilan tim dengan warna dasar biru dan biru muda. Sisanya berwarna merah (4), oranye (2), kuning (4), dan hijau (2), plus satu warna ungu milik Raptors.

Setiap lapangan juga menampilkan motif ciri khas tim. Seperti Los Angeles Lakers dengan warna kuning emas dan ungu. Ditambah siluet kota Los Angeles dan 17 bintang yang merupakan tahun mereka juara.

NBA Cup 2024 akan berlangsung mulai 12 November mendatang dengan pertandingan pada Selasa dan Jumat setiap bulan. Babak penyisihan grup gingga 3 Desember dan diambil delapan tim terbaik dari enam grup ke perempat final pada 10-11 Desember 202. Babak semifinal pada 14 Desember 2024 dan final pada 17 Desember 2024 di T-Mobile Arena, Las Vegas. (rag)

Foto: Getty Images, NBA

Komentar