Luka Doncic menyumbang 28 poin dan 10 rebound, Klay Thompson menambahkan 22 poin dalam debutnya di Dallas, dan Mavericks mengalahkan San Antonio Spurs 120-109 dalam pertandingan pembuka bagi kedua tim Kamis malam (24/10) waktu setempat. Kyrie Irving menyumbangkan 15 poin untuk juara bertahan Wilayah Barat, yang mendapat 8 asis dari Doncic dan 7 rebound dari Thompson. 

Pertandingan pertama Thompson bersama Mavericks menjadi berita utama, tetapi debut Chris Paul di San Antonio untuk memulai musim ke-20-nya merupakan momen penting bagi Spurs dalam pertumbuhan tim muda yang berusaha mengakhiri paceklik playoff selama lima musim. Serangan tampak buruk, dan satu-satunya poin Paul diperoleh dari tembakan tripoin di kuarter ketiga. Namun, nilai jangka panjang point guard itu terlihat dengan 8 asis dan 7 rebound.

Victor Wembanyama hanya memasukkan 5 dari 18 tembakannya di lapangan dan mencetak 17 poin untuk mengawali tahun kedua pemain muda Prancis itu bersama Spurs. Jeremy Sochan dan Julian Champagnie masing-masing mencetak 18 poin.

Dallas telah berbicara tentang pertahanan dengan trio penyerang bintang Doncic, Irving, dan Thompson. Ada sedikit perubahan di kuarter ketiga dengan tiga turnover berturut-turut dari San Antonio. Thompson melakukan steal pertama, Irving melakukan dua steal berikutnya. Namun, Dallas hanya mencetak dua poin.

Mavericks mengambil keunggulan terbesar mereka pada skor 69-55 di kuarter ketiga, ketika Doncic berada dalam posisi yang sulit di bawah keranjang dan melemparkan umpan buta melewati kepalanya ke PJ Washington Jr. untuk tripoin terbuka. Dallas unggul dengan melakukan pemanasan jarak jauh secara signifikan di babak kedua. Mavs berhasil memasukkan 13 dari 21 tembakan 3 angka setelah jeda setelah menyelesaikan babak pertama dengan 6 dari 23.

Para penggemar Dallas Mavericks menaruh harapan tinggi untuk dimulainya musim NBA baru, dan Luka Doncic tidak mengecewakan. Dalam pertandingan pertama musim 2024, pemain sensasional Slovenia itu membuktikan sekali lagi mengapa ia merupakan salah satu pemain paling memukau di liga. Dengan permainan yang memukau, tembakan yang menentukan, dan bakat khasnya, Doncic mengingatkan semua orang bahwa ia ada di sini untuk mendominasi.

Sejak awal pertandingan, jelas terlihat bahwa Doncic sedang dalam performa puncak. Ia dengan mudah menembus pertahanan lawan, membuat tembakan-tembakan sulit terlihat biasa saja, dan memberikan umpan-umpan akurat untuk mengumpan bola kepada rekan-rekannya. Para penggemar di media sosial sangat terkesan dengan penampilannya, dan banyak yang menyebutnya sebagai salah satu pertandingan pembuka terbaik dalam sejarah.

Yang paling menonjol adalah kemampuan Luka untuk mengambil alih permainan saat dibutuhkan. Setiap kali tim lawan menyerang, Doncic merespons dengan tendangan keras atau asiscerdik. Kontrolnya terhadap kecepatan permainan dan kemampuannya membaca pertahanan lawan membuat lawan hampir tidak mungkin untuk mengimbanginya.

Mavericks memiliki ekspektasi tinggi tahun ini, dan sebagian besarnya berkat Luka Doncic. Musim lalu, tim tersebut menunjukkan sekilas kehebatan tetapi kesulitan dengan konsistensi. Dengan bintang mereka yang memimpin, Dallas ingin melaju lebih jauh di babak playoff, dan jika penampilan Doncic di malam pembukaan menjadi indikasi, mereka berada di jalur yang tepat.

Dalam konferensi pers pascapertandingan, Doncic tersenyum lebar. "Saya suka sekali bermain di pertandingan ini," katanya. "Saya senang kami memulai musim dengan kemenangan, tetapi jalan masih panjang. Kami punya tujuan besar, dan saya bersemangat untuk apa yang akan terjadi."

Seiring berjalannya musim, para penggemar hanya bisa berharap akan lebih banyak momen ajaib dari Luka Doncic . Jika pertandingan pertama hanya sekadar cuplikan, dunia NBA sebaiknya bersiap untuk apa yang akan terjadi selanjutnya. (*)

Foto: Albert Pena - Associated Press

Komentar