Meskipun mereka berjuang di area pertahanan pada babak pertama, Boston Celtics melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mengunci Washington Wizards pada babak kedua, mengamankan kemenangan 122-102, dan melaju ke 2-0 di awal musim ini. Jayson Tatum melanjutkan awal musimnya yang luar biasa, dengan mencatat 25 poin, 11 rebound, dan 6 asis. Tatum bisa saja meraih tripel-dobel apabila tidak diistirahatkan di kuarter keempat. 

Jaylen Brown dan Derrick White menggabungkan 46 poin dengan 16 dari 31 tembakan, dan Payton Pritchard menambahkan 5 tripoin dari bangku cadangan. Bagi Wizards, Jordan Poole tampil kuat di babak pertama dengan torehan 26 poin, dan Jonas Valanciunas menambahkan 18 poin dari bangku cadangan.

Sementara Celtics membuka musim mereka dengan perolehan poin 43 poin di kuarter pertama melawan Knicks, mereka tidak menemukan banyak celah di awal pertandingan melawan Washington. Namun serangan Celtics masih lancar. Mereka mencetak 33 poin di kuarter pembuka, dipimpin oleh 14 poin di kuarter pertama dari Tatum. 

Tetapi Wizards dengan skuad muda yang sedang naik daun membuat pertahanan Celtics kewalahan. Secara khusus, Poole yang menemukan dirinya dalam performa terbaiknya di awal pertandingan; setelah musim pertama yang tidak merata di Washington, ia membuka musim keduanya dengan perolehan poin 17 poin yang luar biasa, dengan memasukkan 5 dari 6 tembakan tiga angka. Celtics memasuki kuarter kedua dengan keunggulan 33-32.

Kemenangan awal 9-2 untuk Celtics di awal kuarter ketiga memperpanjang perubahan peruntungan, dengan Celtics unggul 19-3 untuk memimpin lebih dekat dengan apa yang diharapkan dari mereka. Serangan Boston terus menghasilkan dan mengonversi peluang bagus, tetapi, yang lebih penting, pertahanan menghentikan serangan Washington. Wizards hanya mencetak enam poin dalam beberapa menit untuk membuka babak kedua, dan Celtics melesat unggul 25 poin memasuki kuarter terakhir, 98-73. Keunggulan Celtics bisa lebih besar jika Pritchard melepaskan memasukkan tembakan hanya beberapa sepersekian detik lebih awal.

Jika ada potensi drama di kuarter keempat, itu dengan cepat dipadamkan oleh Brown yang sedang dalam performa terbaiknya. Bintang Celtics ini merayakan ulang tahunnya yang ke-28 dengan mencetak tiga poin berturut-turut saat permainan dilanjutkan, menambah keunggulan Celtics menjadi 29 poin dan secara efektif membuat Wizards terpuruk. 

Keunggulan Celtics mencapai 30 poin dan rotasi inti masuk ke bangku cadangan tidak lama kemudian. Khususnya, saat Celtics menghabiskan waktu menjelang akhir, pemain baru Baylor Scheierman masuk untuk pertama kalinya musim ini dan mencetak poin pertama dalam karier NBA-nya. Scheierman berhasil melakukan layup dan memasukkan sepasang tembakan gratis untuk menyelesaikan pertandingan dengan empat poin dalam aksi NBA pertamanya.

Selanjutnya, Celtics akan berusaha memperpanjang kemenangan beruntun awal mereka di Detroit, di mana mereka akan berhadapan dengan Pistons, yang kini punya pemain-pemain muda. Sama seperti yang dimiliki Wizards. (*)

Foto: celticsblog.com

Komentar