Penggemar Netflix tentu tahu tentang serial berjudul "Monster: The Lyle and Erik Menendez Story". Ternyata cerita saudara kandung yang membunuh orang tua mereka tersebut ada hubungannya dengan NBA. Salah satu kartu basket yang menampilkan Mark Jackson, secara tidak sengaja memuat gambar kedua bersaudara tersebut. Kartu ini pun nilainya melambung tinggi di pasaran, seiring filmnya yang diserbu penonton. 

Penggemar film kisah nyata tentang tindak kejahatan dimanjakan oleh Netflix. Pada bulan September 2022, Netflix merilis seri antologi berjudul "Dahmer - Monster: The Jeffrey Dahmer Story". Serial ini dibagi menjadi 10 episode yang menampilkan kasus pembunuhan berantai yang terkenal, yaitu Jeffrey Dahmer. 

Dahmer menerima reaksi yang beragam, tetapi pada akhirnya sukses secara komersial, mencapai posisi nomor satu di Netflix pada minggu pertama peluncurannya. Musim ini menjadi serial berbahasa Inggris kedua yang paling banyak ditonton sepanjang masa di Netflix dalam 28 hari, dan serial Netflix ketiga yang melampaui 1 miliar jam penayangan dalam 60 hari. Serial ini mencapai nomor satu di tangga lagu streaming Nielsen Top 10 pada minggu pertama peluncurannya, dan menempati posisi No. 7 pada daftar Nielsen sepanjang masa untuk jumlah penonton satu minggu pada minggu keduanya.

Berbekal kesuksesan tersebut, Netflix kemudian merilis serial berjudul "Monsters: The Lyle and Erik Menendez Story". Menceritakan kisah saudara kandung yang membunuh orang tua mereka, Jose dan Kitty Menendez , pada malam hari tanggal 20 Agustus 1989 di Beverly Hills, California. Pembunuhan, investigasi, dan persidangan akhirnya menjadi berita nasional karena saudara-saudara itu menuduh ayah mereka melakukan pelecehan seksual, menambah lapisan lain pada kasus tersebut sementara orang-orang di seluruh negeri menonton di TV mereka.

Karena ini merupakan lanjutan dari antologi "Monster", maka episodenya dimulai dari 11 hingga 19. Saat ditayangkan perdana pada 19 September 2024, musim ini mendapat ulasan beragam dari para kritikus, yang memuji penampilan (terutama penampilan Bardem dan Koch) tetapi mengkritik durasinya, nada yang tidak konsisten, dan penggambaran incest dari saudara-saudara Menendez. Erik Menendez mengecam musim ini karena ketidakakuratannya dan karakterisasi Lyle. Musim ini mencapai kesuksesan komersial global, memulai debutnya sebagai serial nomor satu di Netflix di seluruh dunia. 

Lyle dan Erik Menendez menghabiskan uang sebanyak AS$700.000 setelah membunuh orang tua mereka pada bulan Agustus 1989. Mereka membeli jam tangan Rolex, pakaian, mobil baru, dan tiket masuk lapangan untuk menonton New York Knicks di Madison Square Garden. Secara kebetulan, foto yang menampilkan saudara-saudara Menendez digunakan untuk kartu permainan basket NBA Hoops 1990-91 milik Mark Jackson.

Pada bulan Agustus 2018, penulis kriminal Stephen Zerance merupakan salah satu orang pertama yang menemukan Lyle dan Erik di sudut kiri bawah kartu perdagangan Jackson. Gambar tersebut menggambarkan kedua bersaudara itu duduk di pinggir lapangan saat Jackson mengoper bola ke rekan setimnya. Tanggal pasti pertandingan tidak dicantumkan pada kartu tersebut, tetapi foto tersebut pasti diambil antara bulan November 1989 (ketika musim reguler NBA 1989-90 dimulai) dan 8 Maret 1990, hari ketika Lyle ditangkap. Erik menyerahkan diri tiga hari kemudian setelah kembali dari perjalanan ke Israel.

"Saya dan teman saya, yang juga penggemar berat film-film kriminal, tahu bahwa kedua bersaudara itu berfoya-foya setelah mereka mendapat santunan asuransi dari kematian orang tua mereka," ungkap Zerance kepada SLAM pada Januari 2019. "Mereka membeli banyak barang: les tenis, Rolex, pakaian, bisnis, restoran, mobil. Lalu kami melihat mereka membeli tiket pertandingan Knicks di Madison Square Garden di pinggir lapangan."

Meski Zerance dianggap sebagai penemu kartu berharga tersebut, namun baru pada bulan Desember 2018, ketika John Rosenberger mengunggah tentang kartu tersebut di X yang membuat kartu ini jadi bahan pemberitaan di media. Hingga September 2024, postingan Rosenberger telah dibagikan lebih dari 9.000 kali.

Kartu permainan basket NBA Hoops tahun 1990-91 milik Jackson yang menampilkan saudara-saudara Menendez tidak lagi dijual dengan harga murah. Para kolektor berusaha mendapatkan harga tertinggi untuk koleksi berusia lebih dari 30 tahun tersebut. Seorang penjual eBay saat ini mematok harga AS$1.500 untuk kartu mereka, sementara yang lain melelang inventaris mereka dengan harga mulai dari AS$8 hingga AS$500 tergantung pada kondisinya.

Sementara itu, mantan pemain Knicks Mark Jackson tahu bahwa ada Menendez bersaudara dalam kartu basketnya. Jackson, yang bermain selama tujuh musim untuk Knicks, berbicara kepada reporter ESPN Dave McMenamin pada tahun 2021 tentang kartu yang menampilkan Menendez bersaudara yang terkenal.

"Saya selalu tahu tentang hal itu, sayangnya, karena sejarah di baliknya," ungkapnya. "(Saya) mendengarnya setiap kali hal itu mulai populer. Orang-orang tahu tentang apa itu dan siapa yang ada di baliknya. Saya sangat menyadarinya." 

Kisah tentang Menendez bersaudara ini memulai debutnya di posisi nomor satu di Netflix di seluruh dunia, mengumpulkan 12,3 juta penayangan (atau 97,5 juta jam penayangan) hanya dalam waktu empat hari setelah dirilis. Pada minggu kedua, itu tetap menjadi serial yang paling banyak ditonton di platform setelah mendapatkan 19,5 juta penayangan (atau 153,8 juta jam penayangan). Ini menerima 13,1 juta penayangan (atau 103,6 juta jam penayangan) pada minggu ketiga dan 8,7 juta penayangan (atau 68,6 juta jam penayangan) pada minggu keempat. (*)

Foto: Invaluable.com

Komentar