NBA mengumumkan pencapaian baru dari partisipasi pemain internasional di liga paling bergengsi sedunia itu. Ada 125 pemain internasional yang tampil pada musim 2024-2025. Mereka tersebar dari 43 negara dari enam benua. Jumlah itu tiga negara lebih banyak dari musim sebelumnya.

Jumlah tersebut menandai tahun tahun beruntun NBA menampilkan lebih dari 120 pemain internasional. Juga menjadikannya musim ke-11 berturut-turut ada setidaknya 100 pemain non-AS di NBA. Setidaknya setiap tim memiliki satu pemain internasional dalam rosternya.

Sebanyak 125 pemain itu menyamai musim lalu. Pada NBA 2023-2024, ada 125 pemain internasional dari 40 negara. Kanada menjadi yang terbanyak dengan 26 pemain dan diikuti Prancis 14 pemain.

Ada perubahan dari demografi pemain internasional pada NBA 2025-2026. Kanada masih menjadi yang paling banyak selama 11 musim beruntun. Tapi tahun ini menurun menjadi 21 pemain Kanada di NBA. Termasuk Shai Gilgeous-Alexander di Oklahoma City Thunder.

Thunder juga menjadi tim dengan pemain internasional terbanyak di liga. Tim asuhan Mark Daigneault itu menampilkan tujuh pemain dari luar AS. Jumlah yang sama dengan roster Portland Trail Blazers. Diikuti Hawks, Mavericks, Rockets, Magic, dan Raptors masing-masing enam pemain internasional.

Prancis menempati posisi kedua pemain terbanyak di NBA. Mereka memiliki 14 pemain, jumlah yang sama dengan musim lalu. Prancis menampilkan Rookie of the Year Victor Wembanyama dan dua pilihan teratas NBA Draft 2024 yaitu Zaccharie Risacher dan Alex Sarr. Disusul Australia dengan 13 pemain NBA dan Jerman dengan delapan pemain.

Sementara itu, tiga pemain internasional tercatat sebagai MVP NBA dalam enam musim terakhir. Mereka adalah Nikola Jokic, Joel Embiid, dan Giannis Antetokounmpo. Musim lalu bahkan tiga pemain internasional menjadi finalis MVP yakni Jokic, Shai Gilgeous-Alexander, dan Luka Doncic. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar