Bintang Boston Celtics Jaylen Brown menyebut bahwa dirinya ingin mewujudkan cita-cita mendiang Kobe Bryant. Kobe dianggap sebagai sosok yang memberinya inspirasi untuk meluncurkan merek "741".

Brown merupakan pemain "free agent" untuk dukungan sepatu selama bertahun-tahun setelah kesepakatan dukungannya dengan Adidas berakhir pada tahun 2021. Meskipun ia beralih mengenakan sepatu Nike untuk sebagian besar waktunya, ia menjadi pengkritik perusahaan tersebut dan bertindak lebih jauh dengan menghapus logo swoosh khas perusahaan tersebut dari sepatunya.

Brown meluncurkan 741 pada bulan September dan siaran pers yang menyertainya mengatakan bahwa ia telah menolak lebih dari AS$50 juta dalam kesepakatan dukungan dari perusahaan sepatu besar untuk mengejar kepemilikan penuh dan kendali kreatif atas mereknya sendiri.

Peraih tiga kali All-Star itu juga mengatakan kepada Ben Felderstein dari Complex, bahwa ia meniru Bryant dengan konsep tersebut.

"Perjalanan Kobe mengajarkan saya tentang keberanian dan mendorong olahraga, beserta masyarakat, ke tingkat yang lebih tinggi," katanya. "Itulah pola pikir yang saya bawa ke 741."

Sebelum kematiannya pada bulan Januari 2020, Bryant dikabarkan tengah menjajaki usaha serupa, sehingga Nike memutuskan untuk meluncurkan merek pakaiannya sendiri, "Mamba".

Kevin Draper dari The New York Times melaporkan pada bulan April 2021 bagaimana perpisahan Bryant dan Nike berlapis-lapis dan mungkin menunjukkan semakin berkurangnya keuntungan dari lini produk khasnya.

"Banyak alasan mengapa saya memulai perusahaan sepatu ini karena saya membaca sebuah artikel sekitar tahun 2019 atau lebih yang menyebutkan bahwa Kobe melakukan hal yang sama sebelum ia meninggal," kata Jaylen Brown di The Stephen A. Smith Show. "Saya membaca bahwa ia telah bermitra dengan CEO Uber atau semacamnya, dan ia ingin memberikan persentase dan kesepakatan yang lebih baik kepada para atlet dan memungkinkan mereka untuk dapat berinvestasi di perusahaan tersebut seiring pertumbuhannya. Dan menurut saya ini unik."

Permintaan komersial untuk lini Nike milik Bryant melonjak setelah kematiannya dan ahli warisnya menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan perusahaan tersebut pada tahun 2022. Sepertinya Brown tidak punya rencana untuk merangkul Nike dalam waktu dekat. (*)

Foto: Sneaker Bar Detroit

Populer

NBA Akan Selidiki Sixers Terkait Absennya Joel Embiid
Susah Payah di Tambahan Waktu, Suns Rusak Debut Clippers di Intuit Dome!
Upaya Kyrie Irving Membela Australia di Olimpiade Tidak Akan Mudah
Ayah dan Anak Bermain Bersama, LeBron James & Bronny Cetak Sejarah di NBA
Barack Obama Tidak Mau Nonton All-Star Game Karena Membosankan
Paolo Banchero Dobel-dobel 33 Poin, Magic Redam Heat
Jumpa Musim Reguler Lagi, Lonzo Ball Serasa Menemukan Diri Sendiri
Usai Knicks Kalah di Laga Perdana, Josh Hart: Celtics Perlu Dites Doping
Jaylen Brown Ingin Wujudkan Cita-cita Mendiang Kobe Bryant
Svi Mykhailiuk Minta Cincin Juaranya Segera Dikirimkan