Boston Celtics menggila di pertandingan pembuka NBA 2024-2025. Mereka menggilas New York Knicks 132-109. Pemain Knicks Josh Hart berkelakar agar NBA melakukan tes doping kepada Jayson Tatum dkk.

Pernyataan Hart itu sebagai gambaran kekagumannya terhadap permainan Celtics hari ini. Bagaimana tidak? Celtics hampir mencetak rekor tripoin. Tim asuhan Joe Mazzulla melesakkan 29 tripoin dari 61 percobaan dengan akurasi 47 persen.

“NBA perlu melakukan tes narkoba kepada pemain Celtics. Saya belum pernah melihat hal yang seperti itu,” ujar Hart melalui James L. Edwards dari The Athletic.

Raihan 29 tripoin Celtics itu menyamai rekor Milwaukee Bucks. Pada 29 Desember 2020, Bucks mencetak 29 tripoin saat mengalahkan Miami Heat 144-97. Sebelumnya Celtics memiliki rekor 27 tripoin pada 5 November 2022. Lawannya juga Knicks dan Celtics menang 133-118.

Semua starter Celtics setidaknya membukukan tiga tripoin tepat sasaran. Jayson Tatum memimpin dengan 8/11 tripoin selama 30 menit. Tatum mengumpulkan 37 poin, 10 asis, dan 4 rebound.

Derrick White juga ikut wangi. White membuat 8 tembakan dengan 6/10 tripoin dengan hasil 24 poin. Jaylen Brown menyusul dengan 5/9 tripoin degan total 23 poin dan 7 rebound. Disusul Jrue Holiday 4/6 tripoin dengan 18 poin dan Al Horford 3/5 tripoin dengan 11 poin.

“Celtics menyamai rekor tripoin NBA. Anda memiliki sekitar tiga hingga empat pertandingan setahun dimana tim tersebut menembak bola dengan kecepatan yang tidak masuk akal. Terkadang tidak banyak yang dapat Anda lakukan dengan hal itu. Anda harus memberi mereka penghargaan. Ini malam pemberian cincin dan mereka meledak,” tutur pemain dari Villanova tersebut.

Meskipun pernyataan Hart itu bernada guyon, NBA pernah melakukan tes doping ke pemain jika pemain tersebut melakukan sesuatu yang tidak biasa. Ada Tyrese Maxey yang menjalani tes doping setelah tampak berisi dan berotot musim lalu. Di pentas internasional, Stephen Curry dkk dites doping usai AS memenangkan emas Olimpiade Paris 2024. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar