Upaya Kyrie Irving Membela Australia di Olimpiade Tidak Akan Mudah

| Penulis : 

Kyrie Irving berniat membela Australia di Olimpiade Los Angeles 2028. Tapi upaya itu tidak akan mudah. Irving pernah juara Olimpiade dan juara dunia dengan Amerika Serikat. Mantan pemain Australia Andrew Bogut pesimis Irving bisa pindah federasi tanpa kendala.

Irving membela AS sejak remaja. Ia meraih emas FIBA Americas U18 Championship 2010. Kemudian Irving menjadi bagian dari AS saat memenangkan Piala Dunia FIBA 2014, gelar juara dunia terakhir bagi AS. Irving turut membawa AS meraih emas Olimpiade Rio 2016.

“Saya rasa pintu timnas AS tertutup bagi Irving. Dengan semua hal yang telah ia lalui selama empat dan lima tahun terakhir, saya berpikir mereka ingin Kyrie menjauh. Mungkin Kyrie tahun itu,” kata Bogut dalam siniar Rogue Bogues.

Dalam wawancara dengan Sam Amick dari The Athletic, Irving menyebut ketertarikannya untuk bermain dengan Australia. Irving lahir di Negeri Kanguru dari orang tua dari AS. Ia memiliki dua kewarganegaraan.

“Bagi orang-orang yang antusias menyambut Kyrie di Australia, perlu kalian ketahui bahwa pertama USA Basketball akan melakukan segara cara untuk menghalanginya. Kedua, Anda jarang melihat pemain dari negara maju pindah ke negara maju lainnya. FIBA tidak pernah mengizinkan hal itu,” kata juara NBA 2015 dengan Warriors itu.

Sebagai gambaran, FIBA memperbolehkan pemain pindah federasi dengan beberapa syarat. Salah satunya untuk kemajuan basket negara tersebut atau kembali ke negara asal. Seperti yang dilakukan oleh Thon Maker yang pindah dari Australia ke Sudan Selatan. Maker merupakan imigran ke Asutralia karena Sudan Selatan mengalami perang saudara.

“FIBA mengizinkan pemain negara maju untuk pindah ke negara asal, migrasi, yang sering kita lihat di Sudan Selatan dan beberapa negara lain. Untuk Kyrie, saya rasa itu tidak mungkin dan FIBA tidak akan mengizinkannya meskipun dia lahir di sini,” ucap Bogut.

Sebenarnya Bogut menyambut baik jika Irving bisa hadir di timnas Australia. Tapi Bogut memprediksi FIBA dan USA Basketball tidak akan “meloloskan” Irving begitu saja. Apalagi AS dan Australia merupakan rival. Di sisi lain, Irving akan berusia 36 tahun pada 2018 mendatang.

Tidak hanya Irving. Keinginan untuk pindah federasi juga diungkapkan oleh Joel Embiid. Embiid pada Olimpiade Paris 2024 berseragam AS. Setelah memenangkan emas, Embiid berencana kembali ke Kamerun. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Usai Knicks Kalah di Laga Perdana, Josh Hart: Celtics Perlu Dites Doping
Anthony Davis Perkasa, Lakers Menang Perdana di Laga Pembuka Sejak 2016!
Ayah dan Anak Bermain Bersama, LeBron James & Bronny Cetak Sejarah di NBA
Upaya Kyrie Irving Membela Australia di Olimpiade Tidak Akan Mudah
Celtics Cetak Rekor Tripoin di Malam Pembuka
Charles Barkley Kecewa dengan Joel Embiid
Aspac Jakarta Lebih Percaya Diri (Semifinal IBL 2017)
Svi Mykhailiuk Minta Cincin Juaranya Segera Dikirimkan
Timberwolves Mempertahankan Rudy Gobert Hingga 2028
DeMarcus Cousins Beri Sinyal Reuni dengan Kings