Cincin dibagikan, Spanduk ke-18 dikibarkan ke langit-langit, dan Kota Boston ikut merayakan. Namun, New York Knicks menjadi pusat perhatian malam itu, berusaha mencuri kebahagiaan Boston. Namun tampaknya, Celtics tidak terpengaruh oleh kegembiraan perayaan sebelum pertandingan. Mereka benar-benar fokus untuk mengalahkan Knicks, dengan meraih kemenangan 132-109. Celtics mengukir sejarah NBA di akhir kuarter keempat setelah menyamai rekor Bucks dengan 29 kali tripoin yang dibuat pada Desember 2020.

Celtics mengukir sejarah dalam banyak hal pada Selasa malam (22/10) waktu Amerika Serikat di TD Garden. Beberapa jam setelah mengangkat bendera juara ke-18, Celtics kembali mencatatkan rekor berkat tembakan tripoin yang sensasional. Celtics memecahkan rekor untuk tembakan tripoin terbanyak dalam satu pertandingan dalam sejarah tim, melampaui 27 lemparan yang dilakukan saat melawan Knicks pada tanggal 5 November 2022. Celtics hampir saja memecahkan rekor itu hanya dalam tiga kuarter pertama, dengan memasukkan 26 tripoin selama 36 menit pertama. Jaylen Brown secara resmi memecahkan rekor dengan memasukkan satu lemparan dengan sisa waktu 11:04 di kuarter keempat.

Celtics menyamai rekor NBA untuk tripoin dalam satu pertandingan yaitu 29 kali, setelah beberapa kali gagal pada akhir pertandingan yang membuat penonton di TD Garden meneriakkan, 'Satu lemparan tiga angka lagi.' Penampilan ikonik Jayson Tatum menjadi penentu kemenangan Boston dengan skor 1-0 pada awal musim ini.

Akan tetapi, mereka tidak mampu mengatasi rintangan tersebut dalam delapan menit terakhir pertandingan, mencatat 13 kali percobaan gagal berturut-turut dalam upaya mereka untuk mencetak rekor NBA baru. Tim tersebut juga mencetak rekor waralaba untuk percobaan tripoin dengan 61 kali, dengan total 29 dari 61 percobaan dan akurasi tembakan tripoin sebesar 47 persen.

Tatum mengawali permainan dengan sangat baik di kuarter pertama, mencetak 15 poin bersama 3 rebound dan 5 asis. Ia memasukkan 4 dari 6 tembakan tripoin saat Knicks berulang kali melakukan screen, sehingga ia dapat melakukan step-in pull-up dengan mudah. Sang bintang memanfaatkan awal yang baik untuk bermain dengan sangat baik sepanjang malam, mencetak gol dan memberikan beberapa asis yang mengesankan bagi rekan satu timnya. New York tidak punya jawaban untuk Tatum.

Tatum menghancurkan Knicks. Ia mengakhiri pertandingan dengan 37 poin, 4 rebound, dan 10 asis dengan 14 dari 18 tembakan dari lapangan dan 8 dari 11 tembakan dari belakang garis tiga poin.

Frekuensi tripoin yang tinggi kemungkinan merupakan pertanda baik bagi Boston di bawah asuhan Joe Mazzulla yang telah menekankan strategi tersebut selama masa jabatannya. Boston telah menyelesaikan musim lalu dengan rasio tembakan tripoin tertinggi di NBA dan mereka melakukan 61 percobaan tripoin dalam pertandingan pramusim pertama mereka, yang akan menjadi rekor waralaba untuk yang terbanyak dalam musim reguler atau pertandingan playoff menurut pakar statistik Dick Lipe. (*)

Foto: USA Today

Komentar