Kerja sama Nike dan NBA berlanjut. Begitu pula kontrak dengan WNBA serta G League. Dalam siaran pers pada Selasa (22/10), kerja sama itu berlangsung hingga 12 tahun ke depan. Nike akan menyediakan kebutuhan liga sampai 2037.

Nike menjadi merek yang menyediakan seragam pertandingan, termasuk desain dan produksinya, pernak-pernik, kegiatan dan promosi basket, hingga perlengkapan lainnya. Perpanjangan ini berfokus pada kesehatan global dan perluasan bola basket.

“Nike memiliki hubungan erat dengan bola basket dan telah membantu mendorong pertumbuhan dan inovasi di olahraga kami selama beberapa dekade,” kata Komisaris NBA Adam Silver.

NBA dan Nike telah menjalin kemitraan selama delapan tahun yang dimulai pada 2017. Dengan perpanjangan kontrak ini, Nike adakan hadir di liga selama dua dekade. Perpanjangan tersebut juga merupakan lanjutan dari kerja sama yang dimulai sejak 1992.

Selain itu, Nike juga bekerja sama dengan Asosiasi Pemain NBA (NPBA). Serikat pemain tersebut hadir selama 70 tahun atau delapan tahun setelah NBA terbentuk. Ada 450 anggota. Mantan pemain Warriors Andre Iguodala menjadi Direktur Eksekutif NBPA. CJ McCollum menjadi presiden NBPA sejak 2021 menggantikan Chris Paul.

“Kami gembira dapat memperbaharui kemitraan kami dengan Nike dan terus menunjukkan upaya para pemain kami di dalam dan luar lapangan. Kemitraan ini menyoroti jangkauan, pengaruh, dan dampak anggita kami yang menginspirasi jutaan orang,” kata Iguodala.

Pamor Nike di dunia basket meroket berkat Michael Jordan. Mereka merilis Air Jordan pada 1984. Proses Nike merekrut Jordan bahkan dibuat film berjudul “Air” yang dibintangi oleh Matt Damon dan Ben Affleck yang dirilis pada 2023.

Kini Nike masih mendominasi pasar sepatu basket dan juga pakaian olahraga. Meski dalam beberapa tahun terakhir kompetitor semakin beragam. Nike memiliki duta seperti LeBron James, Kevin Durant, hingga Giannis Antetokounmpo. Dari WNBA, Nike memperkenalkan pemain Las Vegas Aces A’ja Wilson pada 2018. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar