Tim yang kalah biasanya adalah pihak yang mengeluh tentang wasit, tetapi itu bukan berarti keluhan pelatih Minnesota Cheryl Reeve tidak valid. Reeve melakukan protes terhadap pelanggaran yang dilakukan terhadap Alanna Smith dengan lima detik tersisa di kuarter keempat, tetapi tidak berhasil. Tapi mereka justru dapat hukuman di detik-detik krusial.

Lynx hanya tinggal beberapa detik lagi untuk merayakan rekor juara WNBA kelima kalinya. Minnesota unggul dua poin dengan skor 60-58 dengan waktu tersisa 6,2 detik. New York menguasai bola dan memberikan inbound kepada Breanna Stewart, yang melantun bola dan melangkah melewati jalur dan melepaskan tembakan. 

Upayanya untuk menyamakan kedudukan meleset ke kiri, tetapi Alanna Smith dari Minnesota mendapat peluit karena melakukan pelanggaran, yang membuat Stewart bisa mendapatkan tembakan gratis. Lynx mengajukan keberatan atas keputusan tersebut, tetapi permainan tetap sah karena Smith tidak berada dalam posisi penjagaan yang sah, menurut wasit.

Dalam konferensi pers pascapertandingan, kepala pelatih Lynx yang sekaligus presiden operasi basket Cheryl Reeve mengecam keputusan wasit, dan mengatakan bahwa satu keputusan tertentu mengubah permainan. Ia menegaskan hal itu dalam pernyataan penutup yang berapi-api di akhir pertandingan.

"Semua berita utama akan berbunyi, 'Reeve berteriak curang,' lakukan saja," kata Reeve. "Lakukan saja. Karena semua ini telah dicuri dari kami. Lakukan saja."

Lynx tetap harus mengamankan rebound dan melakukan tembakan gratis, jika tidak ada pelanggaran yang dilakukan terhadap Smith. Tayangan ulang juga memperlihatkan Stewart terlihat melakukan pelanggaran, tetapi setelah peninjauan yang panjang, permainan tersebut tetap sah. Stewart berhasil melakukan kedua tembakan gratis dan Lynx tidak dapat mengonversinya di sisi lain dengan sisa waktu 5,2 detik dan pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Smith, yang berjuang melawan rasa sakit luar biasa di punggung bawahnya agar tetap bisa bermain, tidak mendapat penjelasan dari wasit tentang di mana pelanggaran itu mungkin terjadi setelah peninjauan.

"Saya tidak tahu, mungkin vertikalitas, saya tidak berbicara dengan wasit, jadi tidak yakin," kata Smith kepada wartawan setelah pertandingan. "... Maksud saya, matahari akan terbit lagi besok. Anda bekerja keras untuk sesuatu dan kemudian Anda tidak mencapainya, itu menyakitkan. Namun, perjalanan itu sepadan, dan hanya dengan bisa berada di sekitar tim ini dan melakukan apa yang kami lakukan sebagai tim dengan orang-orang yang kami miliki. Meskipun terasa seperti itu, namun ini bukan akhir dunia." 

Sebelumnya, pada Gim 4 di Minneapolis, kepala pelatih Liberty Sandy Brondello menyinggung tentang wasit dalam kekalahan New York, 80-82 di Target Center. Lynx mencoba 20 lemparan bebas dalam pertandingan itu dibandingkan dengan 9 oleh Liberty.

"Tetapi lihat, saya akan mengatakan ini, dan saya melihat hal itu di sini dan saya tahu Cheryl membicarakannya terakhir kali, tetapi kami tidak mendapat panggilan hari ini," kata Brondello setelah Gim 4. "Jadi, apakah saya perlu berbicara dalam konferensi pers? Karena mereka mendapatkan ticky-tacks. Dan, kami turun ke sana dan dipukul dan tidak mendapatkan apa-apa. Itu seperti 12-6 di babak pertama dan mereka mencoba menyamakannya menjelang akhir. Itu 14-9. Tidak. Yang kami inginkan adalah adil, oke. Jadi jika kami dipukul, itu pelanggaran. Anda tahu, saya salah satu pelatih paling baik di liga ini, tetapi ini membuat saya marah. Bersikaplah adil. Anda tahu, jika mereka dipukul, itu pelanggaran."

Satu keputusan menentukan pertandingan, dan pelatih selalu mengatakan hal tersebut. Namun, Reeve dan jelas menunjukkan rasa frustrasinya jauh melampaui satu keputusan itu.

"Dua tembakan gratis pertama kami terjadi di kuarter ketiga," katanya. "Dua tembakan gratis pertama dalam pertandingan di kuarter ketiga. Ada pelanggaran tembakan, lalu ada pelanggaran off-ball yang terakumulasi, yang akan menghasilkan lemparan bebas, yang tentu saja tidak terjadi …Collier tidak melakukan satu tembakan gratis pun. Tidak ada sama sekali. Dan, semua poinnya ada di area pertahanan."

"Saya tidak tahu jawabannya," kata Reeve. "Maksud saya, saya sudah mengerjakannya selama bertahun-tahun. Apakah WNBA senang dengan kepemimpinan (wasit) mereka?"

Reeve juga mengatakan dia bangga karena Lynx yang melakukan hal-hal dengan cara yang benar. "Anda tahu, membangun tim sesuai aturan ... kami memberi harapan kepada tim-tim yang tidak mau menghindari batasan, atau, Anda tahu, terbang secara ilegal, atau semua hal ini telah terjadi selama lima tahun terakhir," tutupnya. (*)

Foto: USA Today

Komentar