New York Liberty akhirnya meraih gelar juara WNBA setelah mengalahkan Minnesota Lynx, 67-62, dalam perpanjangan waktu di Gim 5 yang menentukan pada Minggu malam (20/10) waktu Amerika Serikat. Kemenangan itu memberi kota New York gelar basket pertamanya sejak tahun 1973 ketika Knicks memenangkan kejuaraan NBA. Salah satu pemain penting dalam laga penentuan ini adalah Breanna Stewart. 

Stewart, yang gagal melakukan tembakan gratis di 0,8 detik tersisa pada Gim 1, melakukan 2 tembakan gratis 10,1 detik tersisa untuk memastikan kemenangan. Saat detik-detik terakhir berlalu, para pemain berpelukan dan pita-pita berjatuhan dari langit-langit.

"Ini luar biasa," kata Stewart kepada ESPN di lapangan setelah pertandingan. "Saya melewatkannya di awal seri, dan saya tahu saya akan berhasil. Saya tahu saya akan berhasil untuk kota ini. Ini adalah sesuatu yang istimewa di sini, dan saya berusaha untuk tidak menangis."

Stewart, yang tumbuh di Syracuse Utara, memenangkan kejuaraan WNBA ketiganya setelah gelar pada tahun 2018 dan 2020 bersama Seattle Storm. Ia menyelesaikan pertandingan dengan 13 poin dan 15 rebound. Ini merupakan tahun yang mengagumkan bagi Stewart, yang juga memenangkan medali emas Olimpiade ketiganya di Paris awal musim panas ini.

Stewart menandatangani kontrak dengan Liberty pada tahun 2023 dan memenangkan penghargaan MVP WNBA ketiganya musim itu sebelum kalah dari Las Vegas Aces di Final WNBA. Dia kembali menandatangani kontrak dengan Liberty awal tahun ini dan mengakhiri pekerjaannya dengan kemenangan yang mendebarkan.

"Itu berarti segalanya. Saya ingin datang ke sini. Saya ingin menjadi yang pertama," kata Stewart. "Saya tidak akan berada di sini tanpa rekan satu tim saya. Kami mengalami pasang surut. Seri ini sulit, tetapi kami berjuang keras karena kami ingin membawa pulang kemenangan ini ke kota dan penonton ini."

New York tertinggal dua poin saat Stewart dilanggar dengan sisa waktu 5,2 detik. Setelah menonton video review yang panjang, Stewart dengan tenang memasukkan dua kali tembakan gratis untuk menyamakan kedudukan menjadi 60-60.

Lynx berusaha meraih gelar kelima WNBA, memecahkan rekor dengan Seattle Storm dan Houston Comets. Minnesota memenangkan empat gelar dari tahun 2011 hingga 2017 di bawah kelompok inti Lindsay Whalen, Seimone Augustus, Rebekkah Brunson, Sylvia Fowles dan Maya Moore. Itu adalah penampilan terakhir tim di Final WNBA hingga tahun ini.

Ini adalah pertama kalinya sejak 2019 Final WNBA berakhir dengan skor akhir yang ketat. Sejak liga beralih ke format best-of-five pada tahun 2005, tujuh seri lainnya berakhir dengan Gim 5 dan tim tuan rumah telah memenangkan lima dari pertandingan tersebut, termasuk pada tahun 2019. (*)

Foto: Greenwich Time

Komentar