New York Liberty memenangkan Kejuaraan WNBA pertama mereka pada Minggu malam dengan kemenangan perpanjangan waktu 67-62 atas Minnesota Lynx. Pemain tahun ketujuh dari George Washington, Jonquel Jones, dinobatkan sebagai MVP Final 2024 setelah mencetak rata-rata 17,8 poin dengan 7,6 rebound serta akurasi tembakan 56 persen dari lapangan selama Final 2024. Selama Gim 5, Jones menyelesaikan permainan dengan 17 poin, 6 rebound, dan 1 asis untuk membantu Liberty meraih gelar.

Tembakan pertama Sabrina Ionescu mengenai sisi papan pantul. Tembakan lainnya segera setelahnya tidak mengenai apa pun. Setelah melakukan salah satu tembakan paling berkesan dalam sejarah WNBA untuk memenangkan Gim 3, pemain bertahan All-Star itu berubah menjadi Ionescu yang sedingin es sepanjang sisa pertandingan.

Ionescu menembak 1 dari 19 dari lapangan pada hari Minggu dan Breanna Stewart tidak jauh lebih baik, tetapi New York Liberty mendapat penampilan MVP dari Jonquel Jones untuk menyelamatkan dua bintang lainnya. Jones mengakhiri dengan 17 poin dan 6 rebound dalam kemenangan Liberty 67-62 atas Minnesota Lynx pada Minggu malam dan dihadiahi penghargaan Final WNBA.

"Dominasinya di area pertahanan, rebound, pertahanan sisi bantuan, semua yang kami butuhkan, dia ada di sana," kata Stewart. "Dia harus menunggu beberapa saat untuk mencapai titik ini, untuk mencapai final guna memenangkan kejuaraan. Namun, penantian itu sepadan."

Ionescu menyelesaikan pertandingan dengan lima poin, meskipun ia menambahkan delapan assist dan tujuh rebound. Stewart melakukan tembakan 4 dari 15, dengan raihan 13 poin dan 15 rebound.

"Saya melakukan apa pun untuk menang," kata Ionescu saat penyerahan trofi. "Saya percaya pada rekan satu tim saya, percaya pada seluruh organisasi ini. Semua orang terlibat. Anda tidak bisa melakukan ini sendirian, dan kami berhasil melakukannya di New York."

Liberty membangun apa yang mereka harapkan sebagai versi mereka sendiri dari jenis tim super yang dapat memenangi gelar ketika mereka mendatangkan Stewart dari Seattle, tempat ia dua kali menjadi MVP Final WNBA, dan Jones dari Connecticut, tempat ia kalah di final 2019, untuk bergabung dengan Ionescu, pilihan utama mereka dalam draft 2020.

Mereka membawa Liberty ke Final WNBA tahun lalu dan mencapai rekor terbaik di liga musim ini, tetapi tampaknya mereka gagal meraih gelar karena Ionescu dan Stewart terus gagal.

Ionescu membuka permainan dengan gagal memasukkan bola pada 13 tembakan pertamanya, sehingga ia gagal memasukkan bola sebanyak 15 kali berturut-turut sejak Gim 4, sebelum akhirnya berhasil memasukkan bola untuk satu-satunya kalinya sepanjang malam melalui tembakan tripoin dengan sisa waktu 3:10 menit yang membawa Liberty unggul 56-52.

Namun setelah Minnesota melesat unggul 60-58, tampaknya perjuangan para bintang itu akan menghancurkan Liberty untuk selamanya. Stewart gagal memasukkan dua lemparan bebas dengan sisa waktu 38 detik, tetapi Liberty berhasil memanfaatkan rebound, tetapi Ionescu gagal memasukkan tripoin, lalu satu lagi setelah New York kembali menguasai bola.

Namun Jones yang mencetak 6 dari 6 adalah pekerja keras yang dibutuhkan Liberty, menyelesaikan pertandingan dengan rata-rata 18 poin dan 8 rebound dalam seri tersebut. Itu termasuk 10 poin di babak pertama Minggu untuk menjaga Liberty tetap dekat sementara Ionescu dan Stewart hanya mampu mencetak 5 poin dari Stewart.

"Yang membuatnya sulit adalah Anda menghabiskan banyak waktu menjaga Sabrina dan Stewie dalam beberapa skema yang menciptakan ketidakcocokan," kata pelatih Lynx Cheryl Reeve. "Namun, kami akan menerima sebagian dari itu."

Jones direkrut oleh Los Angeles Sparks sebelum diperdagangkan ke Connecticut Sun sebagai pilihan keseluruhan No. 6 dalam Draft WNBA 2016. Jones berusaha menahan tangis saat menerima penghargaan dari Komisaris WNBA Cathy Engelbert.

"Kalian semua tahu kisahku, kalian semua tahu berapa kali aku ditolak, tetapi, itu hanya ditunda," kata Jones setelah pertandingan. "Aku sangat senang melakukannya di sini."

Lahir di Grand Bahama, pemain berusia 30 tahun ini menambahkan penghargaan tersebut ke daftar panjang termasuk Pemain Paling Berkembang 2017, Wanita Keenam Tahun Ini 2018, dan MVP 2021. (*)

Foto: CBS Sports

Populer

Li-Ning Jimmy Butler 3 Diakui Sebagai Sepatu Basket Paling Ramping
Quincy Olivari Dapat Kontrak dari Lakers
Yuki Kawamura Resmi Masuk Roster Grizzlies
Dapat Pujian dari Stephen Curry, Quincy Olivari Emosional
Bronny James Meledak di Laga Pramusim Terakhir
Rencana Anthony Edwards Setelah Menjadi Juara NBA
Celtics Melepas Lonnie Walker IV
Spurs Mengunci Empat Pemain, Termasuk Wembanyama
Adidas Dame 9 Punya Warna Khusus Bucks
Frank Kaminsky Tak Masuk Roster Suns