New York Liberty juara WNBA 2024! Akhirnya cincin juara itu terbang ke New York setelah melalui enam final sejak liga terbentuk pada 1996. Liberty mengalahkan Minnesota Lynx 3-2 di Final WNBA 2024.

Gim 5 yang merupakan gim penentuan itu berlangsung dramatis. Liberty memaksa Lynx bermain melalui babak tambahan waktu (overtime). Liberty berhasil mengunci kemenangan 67-62 di Barclays Center, New York.

“Saya tidak mempercayai hal ini. Anda tahu berapa kali saya gagal dan kalah. Itu hanya hasil yang tertunda. Saya senang bisa meraih gelar di New York Liberty,” kata Jonquel Jones, yang menjadi MVP Final WNBA 2024. Jones dulu bermain untuk Connecticut Suns dan Liberty di Final WNBA dua musim sebelumnya dan selalu kalah dari Las Vegas Aces.

Lynx mendominasi di paruh pertama dengan margin tertinggi 12 poin. Perlawanan Liberty membuahkan hasil di kuarter keempat. Pertandingan semakin memanas. Kedudukan imbang 60-60 setelah Liberty mendapat dua tembakan gratis di sisa 5 detik waktu normal.

Lynx mencoba keberuntungan tapi tripoin Kayla McBride meleset. Pada babak OT, Liberty lebih siap. Mereka membungkam Lynx dengan laju 7-2. Liberty berhasil memastikan diri menjadi juara baru WNBA.

Liberty memasukkan 22/72 tembakan. Perolehan tembakan gratis menjadi pembeda yang signifikan. Lynx hanya 7/8 tembakan gratis. Sedangkan Liberty memperoleh 21 poin dari 28 upaya tembakan gratis.

Jonquel Jones mencetak 17 poin dan 6 rebound. Jones membukukan 5/10 tembakan selama 41 menit. Ia tidak meleset dalam 7 tembakan gratis. Breanna Stewart dobel-dobel 13 poin, 15 rebound, 4 asis, dan 3 blok.

Leonie Fiebich dengan 13 poin, 7 rebound, dan 3 asis. Nyara Sabally menyumbang 13 poin dan 7 rebound. Sedangkan Sabrian Ionescu tidak berada dalam performa terbaik. Hanya satu dari 19 tembakan yang tepat sasaran. Tapi Ionescu berkontribusi pada 7 rebound, 8 asis, dan 2 steal.

Napheesa Colliers memberikan 22 poin dan 7 rebound untuk Lynx. Kayla McBride mengumpulkan 21 poin, 5 rebound, 5 asis, dan 4 steal. McBride tidak meleset dalam 6 tembakan gratis.

Ini menjadi terakhir kalinya Final WNBA mempertandingkan lima gim. Pada musim berikutnya, WNBA akan menggunakan final dengan sistem best of seven, seperti NBA. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar