Anthony Edwards memasang target. Pemain Minnesota Timberwolves itu mengincar gelar NBA dalam kurun waktu 4-5 tahun mendatang. Jika tercapai, Edwards memiliki rencana lain yakni menjadi pemain football Amerika (NFL).

“Pemain football Amerika tidak bisa menjadi pemain basket. Itu tidak mungkin. Saya memberi tahun teman-teman saya, saya bilang kalau saya memenangkan NBA dalam 3-4 tahun mendatang, saya akan bermain football Amerika,” kata pemain berjuluk Ant-Man itu dalam wawancara dengan Justin Jefferson dari ESPN.

Jefferson tidak percaya. Tapi Edwards tetap optimis. Sebab, melihat dari latar belakangnya, hal itu memungkinkan. Sebelum menjadi pemain NBA, Edwards memang merupakan pemain football Amerika saat masih anak-anak.

Edwards bahkan menjadi running back terbaik untuk Atlanta Viking di Pop Warner Football. Kemudian ia beralih ke basket pada usia 14 tahun dan menjelma sebagai salah satu bintang muda terbaik NBA.

“Saya bisa menjadi pemain NFL,” ujar Edwards saat pada 2019 kepada SBNation. “Saya sangat hebat. Saya running back nomor wahid di negara ini saat besuai 9-10 tahun. Saya berhenti bermain football Amerika karena melihat saudara-saudara saya bermain basket. Saya pikir basket lebih menyenangkan.”

Kemungkinan Edwards menjadi pemain NFL memang sangat kecil. Jika itu bisa terjadi, maka Edwards akan menjadi atlet pertama yang bermain di NBA dan NFL. Sebagai catatan, Edwards tidak bermain football Amerika lagi saat SMA dan di perguruan tinggi karena ia sudah fokus ke basket.

“Saya rasa mungkin saya menjadi orang pertama. Saya akan mencoba. Pertama-tama, saya harus mengurus urusan saya di NBA dengan Minnesota. Kami ingin memenangkan gelar. Setelah itu, kami akan mencari jalannya,” ujar Edwards kepada Marco Summers dalam Open Thoughts pada Januari lalu.

Setidaknya ada 13 atlet NBA yang pernah lintas olahraga. Tapi bukan ke NFL. Mereka bermain bisbol (MLB) dan NBA. Seperti Danny Ainge dan Chuck Connors. Jika Edwards ingin bermain di NFL, maka dia harus meninggalkan NBA. Edwards bisa meninggalkan NBA jika dia sudah memenangkan gelar. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar