Boston Celtics menyiapkan rencana yang berbeda dengan tim lain jelang bergulirnya musim reguler NBA 2024-2025. Menurut Bobby Marks dari ESPN, Celtics akan melepas Lonnie Walker IV. Dengan menyingkirkan Walker, daftar pemain Celtics memiliki 14 pemain dengan kontrak standar dan tiga pemain dengan kontrak dua arah (two-way contract).

Walker sudah berusaha maksimal untuk bisa masuk daftar pemain Celtics musim ini. Ia bermain baik di pramusim, dengan rata-rata 7,3 poin dalam 16,4 menit per pertandingan dalam empat penampilan. Ia juga pemain muda yang telah bermain selama enam tahun di NBA dengan rata-rata 9,8 poin dan 2,3 rebound per pertandingan.

Namun keputusan Celtics untuk melepas Walker bisa dipahami secara finansial. Celtics kelebihan sekitar AS$7 juta dari batas pajak kedua, jadi mempertahankan Walker tanpa memangkas gaji pemain lain, akan menghasilkan sekitar AS$8,8 juta dalam proyeksi denda pajak tambahan di atas batas gaji AS$2,1 juta, yang berarti akan menghabiskan biaya sekitar AS$11 juta secara total untuk mempertahankannya semusim ini. 

Melepas Walker akan sangat menguntungkan bagi Celtics, dengan konsekuensi mereka hanya punya 14 pemain, bukan 15 pemain seperti roster tim lainnya. Sementara Walker menandatangani kontrak Exhibit-10, jadi ia akan memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus senilai AS$77,5K jika ia menghabiskan setidaknya 60 hari dengan afiliasi G League Boston di Maine. 

Selama kariernya, Walker telah terbukti sebagai pemain pengganti yang bagus. Jadi jika ia tidak dikontrak oleh tim lain saat ini, Celtics dapat mengambilnya lagi. Namun Walker akan bebas untuk pindah ke tim NBA lain kapan saja di musim ini. (*)

Foto: NBC Sports

Komentar