Pemain asal Jepang Yuki Kawamura resmi dipromosikan ke NBA dengan kontrak dua arah (two-way contract) dari Memphis Grizzlies, menurut Shams Charania dari ESPN. Kawamura kini menjadi pemain aktif terpendek di NBA. 

Kawamura bergabung dengan Grizzlies pada pramusim dengan kontrak Exhibit-10, sebagai pemain tanpa jaminan. Kemampuannya dalam mengumpan dan mengatur permainan terlihat menonjol dalam rentang dua pertandingan, di mana ia mencatatkan total 15 asis.

Grizzlies membutuhkan point guard yang tangguh setelah kehilangan Derrick Rose yang pensiun seminggu sebelum pramusim. Tim mempromosikan Scotty Pippen Jr. dari kontrak dua arah menjadi kontrak standar. Hal itu membuka tempat bagi Kawamura.

Kawamura telah menghabiskan lima musim terakhir bermain di B.League. Pemain berusia 23 tahun ini meraih penghargaan MVP pada tahun 2023 dan mencetak rata-rata 20,9 poin, 8,0 asis, dan 3,0 rebound dalam 30,6 menit per pertandingan untuk Yokohama B-Corsairs. Ia juga bermain untuk Jepang di Olimpiade Paris 2024, mencetak 29 poin dalam pertandingan yang hampir mengejutkan Prancis di babak penyisihan grup.

Kawamura mengesankan rekan setim barunya di Grizzlies musim gugur ini dengan daya saingnya dan tampil kuat dalam beberapa pertandingan pramusim. Mencatatkan 8 asis dalam kemenangan melawan Chicago Bulls, kemudian mencatatkan 10 poin dan 7 asis dalam kemenangan atas Pacers.

Selama terikat kontrak dua arah, Kawamura hanya dapat aktif bermain maksimal 50 pertandingan. Ia juga tidak akan memenuhi syarat untuk mengikuti babak playoff. Kawamura bergabung dengan center Jay Huff dan garda Cam Spencer sebagai pemain yang menempati tiga slot dua arah Grizzlies. Saat Kawamura tidak bersama Grizzlies, ia akan bermain dengan G League Memphis Hustle.

Setelah konversi Kawamura resmi, Grizzlies akan memiliki 14 pemain dengan kontrak terjamin dan tiga dengan kesepakatan dua arah. Sementara pemain lain dengan kontrak Exhibit-10 kemungkinan besar akan dilepas. (*)

Foto: Hoopsrumor.com

Komentar