Derrick Rose memutuskan gantung sepatu. Kabar tersebut diumumkan melalui postingan media sosialnya pada 26 September lalu. Tiga pekan berselang, Rose berbicara soal keputusannya untuk pensiun dalam episode terbaru siniar Club 520.

Dalam percakapan di siniar Club 520 tersebut, Rose mengungkap alasan pribadi yang mendalam yang mendasarinya pensiun. Pria berusia 36 tahun itu menyebut keluarga, terutama putranya PJ yang kini berusia 12 tahun, sebagai pertimbangannya mengakhiri karier.

“Saya sudah memikirkannya cukup lama. Saya ingin memberikan segalanya untuk anak saya. Jadi, saya berbicara dengan PJ. Saya harus berbicara dengannya dengan sedikit berbeda dari sebelum saya berbicara dengan semua orang,” ungkapnya.

Rose berkarier selama 15 musim dan paling banyak dihabiskan dengan Chicago Bulls (2008-2016). Ia merupakan bintang muda yang menjanjikan saat itu dengan kemampuannya yang memukau. Rose bahkan menjadi MVP NBA 2011 sata berusia 22 tahun. Ia merupakan MVP termuda dalam sejarah NBA.

“Awalnya ketika saya memberitahunya (PJ), tentu saja, saya sangat sedih. Tetapi setelah terus berbicara dengannya, dia senang karena seperti mendapat waktu pribadi dengan ayahnya. Dia benar-benar memahami saya,” kata Rose.

Rose ingin melihat putranya tumbuh dewasa. Di sisi lain, percakapan itu cukup sulit untuk PJ. Sebab, ia melihat dan mengagumi ayahnya sebagai atlet profesional. Rose menjelaskan gambaran tentang hubungan ayah anak seperti Carmelo Anthony dan Kiyan serta keluarga LaMelo Ball.

“Seperti saat ini, dia tahu persis dimana dia berada. Jadi, saya harus memberitahunya dan membuatnya sedih pada awalnya. Lalu gembira. Sejak hari ini, tidak yang lain selain kasih sayang,” imbuhnya.

Rose membuat pengumuman pensiun dengan gaya yang unik. Ia memasang iklan di halaman paling depan di surat kabar lokal di kota tempatnya bermain yakni Chicago, New York, Cleveland, Minnesota, Detroit, dan Memphis.

Sebelum pengumuman mengejutkan itu, Rose memang sempat berpikir untuk pensiun. Cedera membuat penampilannya tidak lagi sama. Awal mulanya saat cedera ACL di playoff NBA 2012. Setelah itu, Rose absen satu musim. Rose menutup karier dengan 723 gim dengan 17,4 poin, 3,2 rebound, dan 5,2 asis. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar