Akhirnya kita melihat Lonzo Ball lagi di lapangan. Untuk pertama kalinya setelah hampir tiga tahun, Lonzo bermain lagi. Meski masih di gim pramusim. Lonzo tampil saat Chicago Bulls menjamu Minnesota Timberwolves di United Center, Illinois.

“Saya merasa jauh lebih baik saat bermain daripada menonton. Saya bahkan tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata bagaimana rasanya berada di lapangan lagi. Itu benar-benar momen yang tidak akan pernah saya lupakan,” kata Lonzo dilansir melalui laman ESPN.

Menit bermain Lonzo memang masih terbatas. Dalam pertandingan tersebut, Lonzo hanya bermain selama 15 menit dari bangku cadangan. Ia mencetak 4/6 tembakan dengan 2 tripoin tepat sasaran. Lonzo mengumpulkan 10 poin, satu rebound, asis, steal, dan blok.

Lonzo absen selama lebih dari seribu hari. Ia terakhir bermain pada 14 Januari 2022. Rangkaian cedera lutut menerpanya. Kesalahan penanganan membuat Lonzo harus menderita selama 2,5 tahun.

No. 2 NBA Draft 2017 itu telah menjalani tiga operasi di lutut kirinya. Termasuk prosedur langka yaitu transplantasi tulang rawan ganda pada Maret 2023. Lonzo menggambarkan proses itu sebagai masa-masa yang melelahkan.

“Sangat lama sekali. Tetapi jika dipikir-pikir lagi, prosesnya lebih cepat daripada yang saya kira. Mereka mengatakan saya butuh 18 bulan untuk pulih (setelah operasi ketiga). Kedengarannya gila. Tapi semua sudah berlalu dan saya disini sekarang,” kata saudara dari LiAngelo dan LaMelo Ball itu.

Pada akhirnya Bulls menang tipis 125-123 dari Timberwolves. Ada enam pemain Bulls yang mencatat dua digit poin dalam gim tersebut. Coby White 23 poin. Nikola Vucevic dobel-dobel 17 poin dan 12 rebound. Zach LaVine 19 poin, Patrick Williams 19 poin, Talen Horton-Tucker 17 poin, dan Jalen Smith 10 poin.

Lonzo memang dipastikan bisa bermain pada musim 2024-2025. Tetapi Bulls bertindak hati-hati. Lonzo tidak akan dimainkan dalam gim beruntun. Menit bermainnya juga akan terbatas.

Lonzo sadar bahwa mungkin tubuhnya tidak akan sama lagi sebelum cedera. Tetapi ia sangat menikmati bisa kembali ke lapangan dan bermain lagi. Lonzo akan melakukan yang terbaik yang mampu ia lakukan untuk Bulls. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar