J.B. Bickerstaff menerapkan aturan baru dalam Detroit Pistons. Bickerstaff membuat aturan berpakaian bagi para pemain dan stafnya saat latihan. Aturan yang terkesan jadul. Salah satunya adalah melarang mereka mengenakan jaket hoodie.

Dari laporan Joe Vardon dari The Athletic, aturan tersebut karena Bickerstaff mengikuti gaya ayahnya yakni Bernie Bickerstaff, yang menjadi pelatih NBA selama 10 tahun. Itu sebabnya para pemain tidak bisa lagi mengenakan tudung kepala selama pemanasan.

“Hanya sedikit membawa mentalitas jadul. Sebab, saya tumbuh dengan ayah saya. Anda tidak mengenakan apa pun di kepala Anda selama pertandingan. Anda tidak boleh mengenakan perhiasan. Anda berlatih seperti saat bermain,” kata pelatih berusia 45 tahun itu.

Bickerstaff meyakini bahwa aturan ini menjadi langkah awal untuk memperbaiki Pistons. Ia sangat serius membangun budaya tim. Dimulai dari aturan berpakaian dan latihan. Bickerstaff menekankan pendekatan seperti ini bisa menumbuhkan profesionalisme, yang memerlukan pengorbanan tertentu.

Bickerstaff mengambil aturan tersebut melalui serangkaian pengamatan. Termasuk berbicara dengan Cade Cunningham, yang menjadi kapten Pistons. Dari sisi pemain, Cade Cunningham memahami adanya aturan baru tersebut agar tim menjadi lebih disiplin.

“Seperti yang kalian tahu saat di ruang kelas di sekolah. Guru sering berkata ‘Lepaskan tudung kepala kalian’ dan ini semua sama saja. Hanya tentang bersikap profesional dan siap bermain,” tutur Cunningham.

Pistons sendiri sedang dalam masa kegelapan. Sudah lima musim beruntun mereka tidak lolos playoff. Bahkan pada musim 2023-2024, Pistons mencatat rekor terburuknya dengan 14-68. Termasuk kekalahan 28 gim beruntun.

Akibat dari hasil itu, Pistons memecat Monty Williams. Posisi kepala pelatih itu kemudian diberikan kepada Bickerstaff, yang dalam empat musim sebelumnya memoles Cleveland Cavaliers dan Memphis Grizzlies pada 2017-2019. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar