Barack Obama mengungkap line up NBA terbaik versinya. Presiden Amerika Serikat ke-44 itu menggabungkan pemain legenda dan pemain yang saat ini masih aktif bermain di liga. Obama juga bertindak sebagai produser serial dokumenter Netflix yang berjudul ‘Starting 5’

“Saya Barack Obama, penggemar bola basket. Saya akan memiliki pemain inti favorit saya. Saya menyusun tim yang akan membuat saya senang menontonnya dan tak terkalahkan. Maka inilah daftarnya,” kata politisi dari Partai Demokrat itu.

Pilihan Obama adalah Stephen Curry, Michael Jordan, LeBron James, Kevin Durant, dan Hakeem Olajuwon. Itu adalah line up gabungan era 1990-an dan basket modern. Tiga diantaranya bermain satu tim di Olimpiade Paris 2024.

A post shared by Barack Obama (@barackobama)

Ada alasan tersendiri Obama memiliki kelima pemain itu. “Saya berasal dari Chicago. Maka saya memilih Michael Jordan sebagai shooting guard,” kata Obama. Obama lahir di Hawaii. Tetapi ia menetap di Chicago setelah lulus kuliah dan menjabat sebagai senator di Illinois.

“Saya akan menempatkan LeBron di posisi point forwards. Dia akan membawa bola dan beberapa kali menyalurkannya. Pada dasarnya ia akan melakukan beberapa hal yang belum pernah ia lakukan di Olimpiade. Itu perkiraan yang cukup bagus seperti yang dilakukan Magic Johnson,” ujar Obama.

Secara khusus, Obama memasukkan Curry dalam timnya. Obama ingin sentuhan tembakan jarak jauh yang memukau dari penembak terbaik di bumi. “Saya akan mengikutsertakan Steph Curry karena kita berada di era tripoin. Dia tidak ada tandingannya,” tuturnya.

Pada posisi center, Obama memilih Olajuwon. Olajuwon merupakan Defensive Player of the Year dua kali dan MVP NBA 1994 dan 1995. Adanya Olajuwon membuat Rockets bisa mengusik dominasi Bulls dan Jordan kala itu.

“Permainan Hakeem ‘The Dream’ Olajuwon menurut saya yang sesuai dengan permainan saat ini. Dia pemain bertahan yang luar biasa. Ia memberikan semua yang Anda butuhkan dari posisi center,” kata pria yang pernah bersekolah di Menteng itu.

Obama memberikan posisi terakhir kepada Kevin Durant. “Posisi ini sulit. Tapi saya mempertimbangkan pertandingan modern. Saya harus memilihnya. Dia mencetak skor paling efisien dan efektif dalam sejarah. Saya cukup yakin tim ini bisa mengalahkan siapapun,” pungkasnya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar