Darvin Ham Sudah Bisa Menerima Kenyataan

| Penulis : 

Darvin Ham akhirnya berhasil berdiri tegak lagi. Dia setuju untuk menjadi asisten pelatih bagi Milwaukee Bucks di bawah asuhan Doc Rivers. Sebelum pertandingan pramusim, Ham akhirnya buka suara tentang pemecatannya. Menurut Ham, dirinya sudah membantu Los Angeles Lakers dan para pemainnya bangkit. Tetapi hal tersebut tidak dilihat sebagai penampilan bagus. Padahal secara rekor pertandingan, jumlah kemenangan Lakers ketika ditangani pelatih Ham lebih banyak dari jumlah kekalahannya.

Setelah tampil di Final Wilayah Barat tahun sebelumnya, Darvin Ham tampaknya telah membangun fondasi yang kokoh bersama Lakers, tetapi pengambilan keputusannya yang dipertanyakan dan kurangnya ketajaman taktis sebagian besar berkontribusi pada pemecatannya. Kekalahan lima pertandingan dari Denver Nuggets di babak pertama Playoff NBA 2024 sudah cukup bagi organisasi untuk melepaskan Ham.

Lakers memutuskan berpisah dengan mantan pelatih kepala Darvin Ham musim panas ini setelah dua tahun memimpin tim. Ham mencatat rekor 90-74 di musim reguler dengan dua penampilan pascamusim, keduanya berakhir dengan kekalahan dari Denver Nuggets di Final Wilayah Barat dan putaran pertama.

Di atas kertas, ini belum tentu merupakan resume yang buruk selama dua tahun untuk pelatih kepala pemula. Ia memenangkan lebih banyak pertandingan daripada kekalahannya, lolos ke postseason dua kali, dan hanya terpaut empat kemenangan dari Final NBA. Namun, Ham berjuang untuk mendapatkan dukungan penuh dari ruang ganti dan menyia-nyiakan dua musim LeBron James yang luar biasa, dan satu tahun elit dari Anthony Davis dengan kesehatan yang baik.

Dalam komentar publik pertamanya sejak pemecatan tersebut, dia tetap bersikap positif sambil mempertahankan keyakinan bahwa dia telah meningkatkan Lakers selama masa jabatannya.

"Kondisi tim saat mereka merekrut saya, hingga hari mereka memecat saya, saya pikir kondisinya membaik. Dan, itu saja yang saya pedulikan," kata Ham kepada  menurut Dave McMenamin dari ESPN

"Saya mencurahkan hati dan jiwa saya ke dalam tim itu untuk mencoba meningkatkannya dari posisi sebelumnya (33-49). Dan, untuk mencapai final Wilayah Barat dalam satu tahun, membuat para pemain mendapatkan keuntungan finansial darinya. Untuk merasakan kegembiraan itu hingga tahun berikutnya, tergelincir karena cedera, masih berhasil memenangkan turnamen dalam musim dan masuk ke babak playoff, saya bersyukur kepada Tuhan setiap hari."

Ham dan Lakers tampaknya tidak memiliki hubungan yang buruk. Namun, jelas bahwa ia tidak lagi bekerja sebagai pelatih kepala tim. Ham kembali ke situasi yang solid dengan tim yang sudah dikenal, dan Lakers melangkah maju dengan seseorang yang mereka rasa lebih cocok untuk tim mereka, yaitu JJ Redick.

"Sekali lagi, saya sangat bersyukur. Saya mendoakan yang terbaik untuk Lakers. Saya tidak bermaksud jahat, marah, atau kesal terhadap apa pun. Beberapa orang punya pendapat tertentu dan itu adalah pendapat, tetapi jika Anda benar-benar melihat faktanya, tidak banyak yang bisa saya katakan secara pribadi. Jadi, itu saja," pungkas Ham. (*)

Foto: PakObserver.net

Populer

Penampilan Yuki Kawamura Viral Lagi
Dalton Knecht Lebih Siap Ketimbang Bronny James
Bronny James 1/11 Dalam 3 Laga
LeBron dan Curry Tidak Mungkin Bersatu Lagi
Lakers Kalah dari Warriors di Las Vegas
Klay Thompson Dihujat Setelah Mavericks 0-3 di Pramusim
Zach Edey Bersinar di Pramusim, Grizzlies Makin Percaya Diri
Dwight Howard Bujuk Jeanie Buss Agar Bisa Kembali ke Lakers Lagi
LeBron James Menolak Berbicara Soal Bronny
Charles Barkley Merasa Iba dengan Bronny James