Vince Carter akan jadi bintang utama dari ke-13 tokoh, baik itu pemain, pelatih, dan eksekutif, yang dilantik sebagai Naismith Basketball Hall of Fame 2024 akhir pekan ini. Acara tersebut, yang awalnya dijadwalkan pada 16-17 Agustus, dipindahkan untuk membantu mengakomodasi jadwal musim panas global yang lebih panjang termasuk Olimpiade Paris 2024.

13 tokoh tersebut adalah Seimone Agustus, Dick Barnett, Chauncey Billups, Vince Carter, Doug Collins, Michael Cooper, Walter Davis, Harley Redin, Bo Ryan, Herb Simon, Charles Smith, Michele Timm, dan Jerry Barat. Konferensi pers Hall of Fame, perayaan tip-off dan gala penghargaan akan berlangsung pada hari Sabtu di Mohegan Sun di Uncasville, Connecticut, dan upacara penobatannya akan diadakan pada hari Minggu di Naismith Basketball Hall of Fame di Springfield, Massachusetts.

Salah satu dari anggota Hall of Fame Class of 2024 adalah Vince Carter, yang bermain untuk delapan tim NBA, mungkin dianggap sebagai dunker terhebat dalam sejarah liga. Carter delapan kali masuk All-Star. Dua kali masuk All-NBA. Rookie of the Year 1998-1999. 

Carter adalah salah satu dari 25 pemain yang telah mencetak sedikitnya 25.000 poin di NBA. Juara kontes Slam Dunk 2000. Peraih medali emas Olimpiade di Olimpiade Sydney 2000. Rekan Setim Terbaik Twyman-Stokes 2015-2016. Penghargaan Sportivitas 2019-2020.

Dampaknya pada bola basket jauh melampaui statistik dan dunk. Ia memengaruhi negara yang masih bergema hingga saat ini. Diakuisisi oleh Toronto Raptors sebagai pilihan ke-5 dalam draft NBA tahun 1998, Carter membantu mengubah Kanada menjadi negara yang menghasilkan banyak pemain basket elit, suatu prestasi yang tampaknya hampir mustahil tiga dekade lalu.

Carter termasuk di antara 13 pemain, pelatih, kontributor dan eksekutif yang akan dilantik ke dalam Naismith Basketball Hall of Fame pada hari Minggu. Sementara itu, Penerima Penghargaan Curt Gowdy 2024 adalah JA Adande dan Debbie Antonelli. Sedangkan Penghargaan Prestasi Seumur Hidup John W. Bunn 2024 akan diberika kepada JoAn Scott. (*)

Foto: New York Post

Komentar