Natalie Nakase Jadi Pelatih Pertama Golden State Valkyries

| Penulis : 

Golden State Valkyries akan debut di WNBA 2025. Saudari Golden State Warriors itu menjadi tim ekspansi WNBA pertama sejak 2008. Valkyries mengumumkan Natalie Nakase sebagai pelatih pertama.

“Menjadi pelatih kepala Golden State Valkyries adalah impian seumur hidup yang menjadi kenyataan,” kata Nakase dalam keterangan resminya. “Kami akan berusaha keras untuk meningkatkan kemampuan, bersaing, dan membawa pulang gelar juara bagi penggemar dan organisasi ini.”

Nakase merupakan mantan garda UCLA. Ia menjadi pemain keturunan Asia-Amerika pertama yang berkompetisi di National Women’s Basketball League (NWBL). Kemudian mengawali karier kepelatihan di Jerman (2008-2010) dan Jepang (2010-2012).

Nakase pernah menjadi asisten pelatih Los Angeles Clippers (2018-2020) di bawah kepemimpinan Doc Rivers. Nakase masuk WNBA pada 2022 di Las Vegas Aces. Ia menjadi asisten pelatih Becky Hammon. Mereka memenangkan gelar beruntun pada 2022 dan 2023. Termasuk Commissioner’s Cup 2022.

“Natalie adalah kandidat yang tepat untuk memimpin Valkyries sebagai kepala pelatih kami,” ujar Manajer Umum Valkyries Ohemaa Nyanin. “Perjalanannya merupakan gambaran dari keberanian dan kegigihan yang akan diwujudkan oleh tim kami untuk memenangkan kejuaraan.”

Valkyries menjadi tim ke-13 pada WNBA 2025 dan tim kedua di California setelah Los Angeles Sparks. Sebelumnya ada Sacramento Monarchs yang eksis di WNBA pada 1997 dan memenangkan WNBA 2005. Tapi pada 2009 mereka bubar. Sejak Monarchs berakhir, WNBA hanya diikuti 12 tim sampai lahirlah Valkyries.

Mereka menjadi yang pertama dari ekspansi WNBA selama 15 tahun terakhir. Pada WNBA 2026, ada dua tambahan tim lagi. Masing-masing di Toronto dan Portland.

Valkyries memiliki hak pilih pada WNBA Draft 2025 pada April mendatang. Untuk urutannya memang belum diumumkan. Valkyries akan berbagai rumah dengan Warriors di Chase Center, San Francisco. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Penampilan Yuki Kawamura Viral Lagi
Dalton Knecht Lebih Siap Ketimbang Bronny James
LeBron dan Curry Tidak Mungkin Bersatu Lagi
Bronny James 1/11 Dalam 3 Laga
Klay Thompson Dihujat Setelah Mavericks 0-3 di Pramusim
Lakers Kalah dari Warriors di Las Vegas
Zach Edey Bersinar di Pramusim, Grizzlies Makin Percaya Diri
Dwight Howard Bujuk Jeanie Buss Agar Bisa Kembali ke Lakers Lagi
Charles Barkley Merasa Iba dengan Bronny James
LeBron James Menolak Berbicara Soal Bronny