Wasit NBA memiliki gaji yang besar. Bayaran mereka memang tidak setinggi pemain dan pelatih. Wasit menjadi daftar “karyawan” NBA dengan gaji tertinggi ketiga. Posisi pertama tentu saja pemain. Kemudian pelatih di posisi kedua.

Tidak seperti pemain dan pelatih di liga. Gaji wasit NBA biasanya tidak dipublikasikan. Pada 2022, NBA dan Asosiasi Wasit NBA (NBRA) menyepakati collective bargaining agreement (CBA) yang baru dan berlaku hingga musim 2028-2029.

Perhitungan gaji wasit NBA memang sedikit rumit. Besarnya bayaran mereka ditentukan oleh senioritas dan pengalaman kerja. Peningkatan terjadi setiap tahun dan mencapai puncaknya pada tahun ke-30.

Artinya wasit NBA memiliki kenaikan gaji hingga 30 tahun. Semakin senior atau semakin lama bekerja, gaji mereka semakin besar pula. Penilaian wasit dilakukan secara konsisten berdasarkan kinerja. Mereka dapat memperoleh promosi serta kenaikan gaji dengan tampil pada level yang tinggi.

Gaji tertinggi untuk seorang wasit senior dilaporkan mencapai angka 550 ribu Dolar AS atau Rp8,5 miliar per tahun. Mereka mendapat bayaran 7 ribu Dolar AS per gim atau Rp108 juta. Itu belum termasuk tambahan jika memimpin playoff.

Untuk wasit senior, pendapatan mereka antara 9 ribu Dolar AS hingga 29 ribu Dolar AS. Untuk wasit baru antara 800 Dolar AS hingga 5 ribu Dolar AS. Tambahan itu tergantung dari peringkat mereka.

Sedangkan wasit pemula atau ruki mendapat gaji paling sedikit 600 Dolar AS per gim atau Rp9,3 juta dengan pendapatan sekitar 250 Dolar AS (Rp3,8 miliar) per tahun. Seiring dengan bertambahnya pengalaman selama 3-5 tahun, gaji mereka meningkat hingga 500 juta Dolar AS.

Lalu siapa wasit dengan bayaran tertinggi di NBA? Meski tidak ada data yang dirilis, dengan asumsi pengalaman kerja paling banyak, setidaknya ada empat nama wasit dengan gaji tertinggi di NBA. Mereka adalah James Capers, Sean Corbin, Scott Foster, dan Tony Brothers.

Pada tahun 2023, Capers diperkirakan mendapat bayaran 550 ribu Dolar AS dan 9 ribu Dolar AS per gim di playoff. Capers telah di NBA selama 28 musim dan memimpin lebih dari 1500 pertandingan. Capers tampil di 178 gim playoff, termasuk 14 Final NBA. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar