Liga Mahasiswa (LIMA) 2024 segera dimulai! Kompetisi antar universitas tersebut memasuki musim ke-12. Lima 2024 memiliki format baru. Pada tahun ini kompetisi menggunakan sistem promosi dan degradasi.

Direktur LIMA Junas Miradiarsyah menjelaskan pihaknya mulai menerapkan dua divisi. Khusus untuk tim putra. Yakni Divisi 1 untuk universitas atau tim yang sudah rutin menjadi peserta LIMA. Sedangkan Divisi 2 untuk tim yang baru bergabung.

“Cukup banyak universitas yang antusias bermain di LIMA. Kami perlu menjaga level kompetisi di antara yang sudah sekian lama bermain dengan yang baru. Sehingga adanya dua divisi ini masing-masing bisa berkompetisi secara maksimal dan lebih merata,” kata Junas dalam jumpa pers di Chief Creative Complex, Jakarta Selatan pada Kamis (10/10) itu.

LIMA 2024 akan bergulir di empat kota yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Empat kota tersebut menjadi fase regional. Untuk Divisi 1, masing-masing kota diambil dua tim terbaik untuk bertarung di fase nasional menjadi juara. Fase final bergulir pada 11-14 Desember 2024.

Untuk Divisi 2, dua tim terbaik akan promosi ke Divisi 1. Tidak ada fase nasional dalam Divisi 2. Mereka hanya memperebutkan slot untuk naik kelas. Sedangkan dua tim terbawah Divisi 1 akan degradasi ke Divisi 2.

Secara keseluruhan, ada 66 tim peserta dalam LIMA 2024. Termasuk tim putra dan tim putri. Tim putra, untuk Jakarta dan Yogyakarta masing-masing delapan tim dari Divisi 1 dan Divisi 2. Untuk Surabaya delapan tim Divisi 1 dan tujuh tim Divisi 2. Untuk Bandung delapan tim Divisi 1 dan enam tim Divisi 2. Sisanya adalah peserta tim putri.

Junas menambahkan sistem dua divisi belum bisa digunakan untuk kategori putri. Sebab, jumlah pesertanya tidak seperti kategori putra.

“Kalau untuk putri, sistemnya sama seperti tahun lalu. Akan ada delapan universitas di setiap kota. Belum ada Divisi 2. Tapi kami yakin dengan adanya kompetisi yang semakin ketat, untuk putri mudah-mudahan akan bertambah universitas baru yang berpartisipasi,” imbuhnya. (rag)

 

Berikut Jadwal LIMA 2024:

Jakarta

12-19 Oktober 2024 di GOR Otista

Surabaya

12-19 Oktober 2024 di GOR Unesa

Bandung

9-16 November 2024 di GOR Widyatama

Yogyakarta

9-16 November 2024 di GOR Universitas Atma Jaya

 

Foto: Ragil Putri Irmalia

Populer

Penampilan Yuki Kawamura Viral Lagi
Dalton Knecht Lebih Siap Ketimbang Bronny James
LeBron dan Curry Tidak Mungkin Bersatu Lagi
Bronny James 1/11 Dalam 3 Laga
Klay Thompson Dihujat Setelah Mavericks 0-3 di Pramusim
Lakers Kalah dari Warriors di Las Vegas
Zach Edey Bersinar di Pramusim, Grizzlies Makin Percaya Diri
Dwight Howard Bujuk Jeanie Buss Agar Bisa Kembali ke Lakers Lagi
Charles Barkley Merasa Iba dengan Bronny James
LeBron James Menolak Berbicara Soal Bronny