Vincent Collet Jadi Konsultan Internasional Cavaliers

| Penulis : 

Pekerjaan Vincent Collet bertambah. Setelah melepas jabatan sebagai kepala pelatih timnas Prancis, Collet menjadi penasihat. Tidak hanya untuk Prancis. Baru-baru ini Collet menerima pekerjaan sebagai konsultan internasional Cleveland Cavaliers.

Perpindahan Collet ke NBA itu disampaikan oleh Yan Ohnona dari L'Equipe. Ini menjadi pertama kalinya Collet bekerja di NBA. Selama ini Collet menghabiskan karier kepelatihannya di Prancis.

“Menjadi asisten di NBA sangat berkesan bagi saya. Saya yakin ada bagian dari diri saya yang masih menjadi pelatih meskipun Olimpiade telah berakhir selama sebulan yang lalu,” kata Collet dalam wawancara pada September.

“NBA adalah sesuatu yang belum pernah saya ketahui. Kecuali melalui pemain-pemain saya yang pernah bermain di sana. Wajar itu menimbulkan rasa ingin tahu saya. Meski begitu saya tidak melakukannya secara sembrono. Tawarannya harus menarik,” ujarnya.

Cavaliers sedang berupaya membangun tim di bawah asuhan pelatih baru Kenny Atkinson. Dua musim sebelumnya, saat bersama pelatih J.B. Bickerstaff, Cavaliers keok di playoff. Musim lalu Cavaliers tersingkir di semifinal wilayah usai kalah 4-1 dari Celtics.

Collet memulai karier kepelatihan sejak 1998. Ia mengawalinya sebagai asisten pelatih di Le Mans selama dua tahun. Kemudian naik jabatan sebagai kepala pelatih dan membesut Le Mans di LNB Pro A hingga 2008.

Collet melanjutkan perjalanannya ke Asvel pada 2008-2010. Ia mendapat kepercayaan melatih Prancis pada 2009. Jabatan itu ia emban selama 15 tahun hingga Olimpiade Paris 2024 berakhir. Di luar timnas, Collet menukangi Strasbourg IG (2011-2020) dan Metropolitans 92 (2021-2024).

Pria berumur 61 tahun itu, mempersembahkan dua perak Olimpiade, dua perunggu Piala Dunia FIBA, juara EuroBasket 2013, dan finalis EuroBasket dua kali. Secara keseluruhan Collet memberikan delapan medali selama 15 tahun. Di akhir jabatannya sebagai pelatih timnas, Collet dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Olimpiade 2024.

Collet sendiri tidak benar-benar pergi dari timnas Prancis. Federasi Bola Basket Prancis (FFBB) mengangkat Collet sebagai penasihat khusus. Ia bekerja sama dengan pelatih baru Prancis yaitu Frederic Fauthoux. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Penampilan Yuki Kawamura Viral Lagi
Dalton Knecht Lebih Siap Ketimbang Bronny James
LeBron dan Curry Tidak Mungkin Bersatu Lagi
Bronny James 1/11 Dalam 3 Laga
Klay Thompson Dihujat Setelah Mavericks 0-3 di Pramusim
Lakers Kalah dari Warriors di Las Vegas
Zach Edey Bersinar di Pramusim, Grizzlies Makin Percaya Diri
Dwight Howard Bujuk Jeanie Buss Agar Bisa Kembali ke Lakers Lagi
Charles Barkley Merasa Iba dengan Bronny James
LeBron James Menolak Berbicara Soal Bronny