Dante Exum harus menepi selama tiga bulan. Ia mengalami cedera pergelangan tangan kanan yang mengirimnya ke meja operasi. Untungnya hal itu tidak membuat Dallas Mavericks terlalu panik.

Cedera tersebut terjadi saat Exum menjalani kamp pelatihan. Mavericks sempat mempertimbangkan opsi lainnya. Tetapi pada akhirnya mereka memilih untuk melakukan operasi pada pekan ini.

Exum pun melewatkan pramusim. Dengan waktu tiga bulan untuk pemulihan, Exum baru bisa bermain pada Januari mendatang. Pemain berusia 29 tahun itu paling tidak melewatkan lebih dari 30 gim di awal musim 2024-2025.

Tanpa Exum selama tiga bulan, Mavericks harus menggantikan menit bermain kepada garda cadangan yang biasanya menggantikan Luka Doncic atau Kyrie Irving sebagai inisiator utama.

Pada musim 2023-2024, Exum bermain dalam 55 gim. Pemain asal Australia itu rata-rata melantai selama 19,8 menit dan memberi peran kunci sebagai garda cadangan yang bisa menguasai bola dan menciptakan serangan.

Untungnya, Mavericks memiliki beberapa pemain untuk mengisi posisi tersebut. Pada jeda musim, mereka mendatangkan Spencer Dinwiddie, yang bisa mendapat porsi dalam hal ini. Kemudian ada Jaden Hardy dan Quentin Grimes sebagai pilihan lainnya.

Exum masuk liga sebagai No. 5 NBA Draft 2014 oleh Utah Jazz. Tapi penampilannya terhambat oleh cedera. Exum absen pada musim keduanya karena cedera lutut. Setelah lima musim, ia pindah ke Cleveland Cavaliers hingga tahun 2021. Exum meninggalkan NBA untuk bergabung dengan FC Barcelona (2021-2022) dan Partizan Belgrade (2022-2023).

Exum memutuskan kembali lagi ke NBA pada 2023 dan bergabung dengan Mavericks. Pada musim pertamanya dengan Mavericks itu, Exum mencatat rata-rata 7,8 poin, 2,7 rebound, dan 2,9 asis. Kontribusinya juga turut membawa Mavericks ke Final NBA 2024.

Exum juga memperkuat Australia di Olimpiade Paris 2024. Ia mencetak 11 poin, 2,3 rebound, dan 4 asis per gim. Exum sempat melewatkan satu gim karena cedera patah jari saat pertandingan eksibisi. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar