Timnas Amerika Serikat sedang memantau pemain-pemain yang layak masuk roster Olimpiade Los Angeles 2028. Beberapa yang berpotensi masuk daftar adalah Ja Morant dan Zion Williamson. Kedua nama tersebut belum pernah dipanggil di pentas internasional.

Hal itu diungkapkan oleh Joe Vardon dari The Athletic. Sumbernya menyebutkan USA Basketball bermaksud memasukkan Ja dan Zion ke roster. Kedua pemain itu dinilai layak sebagai tambahan untuk roster 2028.

“Kami masih memiliki peluang besar untuk memenangkan medali emas. Tapi itu tidak akan mudah. Ja dan Zion perlu ikut serta. Mudah-mudahan kedepan mereka bisa tetap dalam progress yang tepat,” ujar sumber melalui Bleacher Report.

Ja dan Zion merupakan pilihan teratas pada NBA Draft 2019. Zion No. 1 oleh New Orleans Pelicans. Sedangkankan Ja No. 2 oleh Memphis Grizzlies. Ja lebih unggul di musim pertama. Ia memenangkan Rookie of the Year 2020.

Ja terus melesat dalam tiga musim berikutnya. Puncaknya saat masuk 10 besar MVP NBA 2022 dengan rata-rata 27,4 poin, 5,7 rebound, dan 6,7 asis per gim. Tetapi momentum itu terhenti pada musim 2023-2024 karen skorsing dan cedera. Ja hanya bermain sembilan gim musim lalu

Zion lebih malang. Ia berkutat pada cedera. Pemain dari Duke University itu bahkan absen pada musim 2021-2022. Kemudian hanya 20 gim pada musim 2022-2023. Zion lebih sehat dan hampir pulih pada 2023-2024 dengan tampil dalam 70 gim. Musim lalu ia mencatat 22,9 poin, 5,8 rebound, dan 5 asis per gim.

Ja dan Zion memiliki riwayat absen yang lama. Musim ini menjadi peluang mereka untuk kembali ke performa terbaiknya. Zion sudah cukup meyakinkan. Ja sendiri baru kembali usai operasi bahu.

Masih ada waktu empat tahun lagi. Saat itu tiba, bintang-bintang seperti LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durant mungkin sudah keluar dari liga. Nama-nama seperti Ja dan Zion diprediksi akan menjadi wajah liga.

AS sendiri membutuhkan pemain seperti mereka. Termasuk Anthony Edwards yang sudah meyakinkan di Olimpiade Paris 2024.AS akan bersaing dengan bakat-bakat internasional yang meningkat tajam empat tahun terakhir. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar