Orlando Magic menyetujui perpanjangan kontrak dengan center Wendell Carter Jr. pada hari Senin (7/10) waktu Amerika Serikat. Carter rata-rata mencetak 11 poin dengan akurasi tembakan 52,5 persen dalam 55 pertandingan musim lalu untuk membantu Magic mencapai playoff. Carter, pemain pilihan ke-7 dalam draft NBA 2018, akan menerima AS$12 juta musim ini. Ketentuan perpanjangan kontrak tidak diungkapkan.

Carter bermain satu musim di Duke sebelum ia dipilih oleh Chicago. Magic merekrutnya dari Bulls pada 25 Maret 2021. Ia mencetak rata-rata 12,5 poin dan 8,5 rebound dalam 315 pertandingan karier. Magic terus bergerak maju untuk menjaga mereka tetap konsisten masuk playoff. Carter Jr. dan Magic menyetujui perpanjangan kontrak selama tiga tahun senilai AS$59 juta, yang berarti bahwa Carter Jr. akan tetap menjadi bagian dari susunan pemain inti Magic di masa mendatang.

Dengan dua musim tersisa dalam kontraknya saat ini, Carter diharapkan memperoleh gaji sekitar AS$22,7 juta hingga musim 2025–2026. Namun, dengan kontrak barunya di Magic, total kompensasinya kini akan menjadi AS$82 juta selama lima musim berikutnya.

Menurut peraturan CBA, Carter hanya dapat menandatangani perpanjangan kontrak selama tiga tahun dengan Magic untuk jumlah tersebut. Alhasil, Orlando telah mengamankan kontrak center starternya hingga musim saat ia berusia 29 tahun.

Cedera Carter sedikit mengkhawatirkan mengingat kekalahan pramusim Magic terakhir dari New Orleans Pelicans, 106-104. Carter tampak terkilir pergelangan kakinya di kuarter ketiga saat ia menahan tembakan Daniel Theis. Ia jatuh ke lantai beberapa saat setelah cedera tersebut.

Menjaga kesehatan merupakan salah satu tantangan terbesar Carter sepanjang kariernya. Ia telah absen setidaknya 20 pertandingan dalam enam musimnya sejauh ini di NBA, dan selama tiga musim terakhir, ia absen rata-rata 24 pertandingan. Ia bertindak bijaksana dengan menandatangani kontrak jangka panjang dengan Magic, mengingat riwayat cederanya yang tidak merata.

Sesuai dengan filosofi mereka dalam membangun daftar pemain, Magic telah berinvestasi pada ukuran pemain yang terampil, jadi jika Carter dapat tetap sehat, kontraknya akan sangat menguntungkan. Namun, itu adalah sebuah pertaruhan besar bagi Magic. (*)

Foto:  John Raoux - AP

Komentar