IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta mengawinkan gelar juara 2024. Pelita Jaya menjadi juara All Indonesian 2024. Gelar tersebut melengkapi raihan mereka yang telah memenangkan IBL 2024 pada Agustus lalu.

Dejavu final terjadi di All Indonesia 2024. Pelita Jaya unggul 2-1 dari Satria Muda Pertamina Jakarta. Pelita Jaya memenangkan Gim 3 dengan skor akhir 75-70 di Hall A Basket Senayan, Jakarta. Pelita Jaya tertinggal 80-76 di Gim 1. Lalu memenangkan Gim 2 dengan 72-55.

“Kemenangan ini tidak lepas dari kerja sama tim, Dari awal saya tekankan, gim hari ini kami tidak akan mudah. Margin tidak akan jauh dan jadi fiskal gim. Mereka akan agresif dan melawan balik. Terbukti kan gim hari ini ketat dari awal hingga akhir,” kata Johannis Winar, pelatih Pelita Jaya.

Pertandingan Gim 3 berlangsung sangat seru. Kedua tim saling berganti keunggulan. Margin poin tidak pernah lebih dari tujuh poin. Keunggulan itu milik Satria Muda di tiga menit terakhir (60-67).

Tetapi Pelita Jaya mendapatkan momentum tepat setelah itu. Muhammad Arighi memasukkan 2/3 tembakan gratis dilanjutkan dengan tripoin. Pelita Jaya semakin memantapkan keunggulan dengan lay up Hendrick Yonga.

Pelita Jaya terus menggempur pertahanan Satria Muda dengan tripoin Arighi dan tembakan Brandon Jawato. Pelita Jaya melalui menit terakhir dengan nyaman. Mereka pun memastikan Piala Menpora bersanding dengan cincin juara liga.

Brandon jawato bermain luar biasa. Ia memimpin Pelita Jaya dengan dobel-dobel 23 poin, 13 rebound, 2 asis, dan 4 steal. Jawato mencetak 7/17 tembakan dan hanya meleset satu dari 7 tembakan gratis. Hasil tersebut membuat Jawato terpilih sebagai MVP Final.

Bantuan datang dari Vincent Kosasih dengan 11 poin dan 5 rebound. Vincent bermain selama 25 menit dengan 4/7 tembakan. Jumlah poin yang sama dicetak Arighi. Ia memasukkan 50 persen dari 8 tembakan. Disusul Agassi Goantara dengan 10 poin dan 3 rebound.

Sementara itu, Satria Muda mengandalkan Abraham Damar Grahita dengan 19 poin, 4 rebound, dan 5 asis. Julian Chalias memberikan 17 poin dan 9 rebound dengan 7/12 tembakan. Juan Laurent Kokodiputra mencetak 10 poin dan 7 rebound.

Pelita Jaya sebelumnya juga sukses dalam turnamen pramusim. Mereka menjadi juara Indonesia Cup 2022, turnamen pramusim terakhir sebelum All Indonesian 2024. (rag)

Foto: IBL

Komentar