IBL

Rudy Gobert mendapat banyak komentar miring terkait raihannya sebagai Defensive Player of the Year (DPOY). Pemain asal Prancis itu mengoleksi empat DPOY. Ia pemain ketiga dalam sejarah dengan gelar DPOY terbanyak.

Hanya saja ada beberapa komentar yang menyebutkan Gobert tidak layak dengan gelar tersebut. Seperti yang dilontarkan oleh Shaquille O’Neal. Gobert tidak tinggal diam. Dalam wawancara dengan Mark Medina dari Sportskeeda, Gobert menantang pengkritiknya untuk menunjukkan pemain yang lebih baik.

“Lihat saja statistiknya. Persepsi dan manipulasi media itu hal yang berbeda. Tapi lihat siapa yang berada pada posisi lima teratas dalam bertahan tahun lalu. Angka tidak berbohong. Itulah yang saya katakan,” ujar Gobert.

Gobert terpilih sebagai DPOY 2018, 2019, 2021 saat menjadi pemain Utah Jazz. Kemudian menjadi DPOY 2024 bersama Minnesota Timberwolves. Jumlah itu sama dengan Dikembe Mutombo dan Ben Wallace.

Pada musim 2023-2024, Gobert mencatat rata-rata 14 poin, 12,9 rebound, 1,3 asis, dan 2,1 blok dalam 76 gim. Dalam pemungutan suara DPOY 2024, Gobert mengalahkan Bam Adebayo dan kompatriotnya di timnas Prancis, Victor Wembanyama.

“Banyak orang mendiskreditkan beberapa pengharagaan dengan DPOY. Itu bagus. Tapi ketika Anda melakukannya, pastikan Anda mengerti penilaiannya,” kata pemain berusia 32 tahun itu.

“Pastikan Anda memiliki data dan angka yang membuktikan pendapat Anda. Kalau tidak, itu hanya omongan belaka. Tunjukkan pada saya siapa yang seharusnya menang pada tahun-tahun tersebut. Tahun saya memenangkan penghargaan itu. Saya penasaran untuk melihatnya,” tegas Gobert.

Ketimbang memusingkan komentar-komentar miring, Gobert memilih fokus mengantar Timberwolves berjaya di musim selanjutnya. Timberwolves mencapai Final Wilayah Barat musim lalu. Langkah ke Final NBA 2024 terhenti ditangan Dallas Mavericks.

“Saya berada pada titik dimana saya tahu siapa saya. Pesaing terbesar saya adalah diri saya sendiri. Kisah dan perjalanan setiap orang itu unik. Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Ada pepatah mengatakan jika Anda ingin mencapai tujuan, hiraukan anjing yang menggonggong. Itulah yang saya lakukan,” pungkasnya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar