IBL

Rajon Rondo memiliki keinginan menjadi pelatih. Gayung bersambut. Ia mendapat jalan untuk merintis karier sebagai pelatih. Milwaukee Bucks mengundang Rondo sebagai pelatih tamu di kamp pelatihan.

Juara NBA dua kali itu datang sebagai pelatih tamu. Rondo mendampingi pelatih Doc Rivers dalam kamp pelatihan Bucks yang berlangsung di UC Irvine itu. Tetapi Bucks belum menentukan peran tetap Rondo di musim mendatang.

Dalam keterangan yang dilansir melalui ESPN, Rivers tidak menjelaskan secara spesifik berapa lama Rondo bersama Bucks. “Anda akan sering melihatnya. Itu saja yang bisa saya katakan,” ujar Rivers.

“Dia pemain paling cerdas yang pernah saya latih. Bukan hanya itu. Dia tahu kapan harus dan kapan tidak boleh mengatakan sesuatu. Dia pembangun tim yang hebat. Menangkan sekali bersamanya,” lanjutnya.

Rondo gantung sepatu pada 2 April 2024. Ia menjalani 16 musim di NBA dengan bergabung dalam sembilan tim. Masing-masing adalah Celtics, Mavericks, Kings, Bulls, Pelicans, Lakers, Hawks, Clippers, dan terakhir Cavaliers.

Rondo mengoleksi dua cincin NBA. Yakni juara NBA 2008 bersama Celtics dan juara NBA 2020 dengan Lakers. Ia masuk All-Star tiga kali pada 2010-2013 dan empat kali terpilih dalam NBA All-Defensive Team.

Rondo memiliki hubungan baik dengan Rivers. Rivers-lah pelatih Rondo saat memperkuat Celtics pada 2006-2014. Mereka mencapai keberhasilan dengan merayakan gelar NBA 2008, gelar terakhir Celtics sebelum juara NBA 2024.

Enam bulan setelah menyatakan pensiun, Rondo mendapat kesempatan mewujudkan keinginannya sebagai pelatih. Rondo tampak dalam kamp pelatihan Bucks. Ia mengenakan jaket hoodie dan celana olahraga sambil membawa catatan dan menulis hasil pengamatan pemain.

“Saya sedang mempelajari seperti apa rasanya menjadi pelatih. Anda melihat orang-orang beralih menjadi pelatih sepanjang waktu. Banyak yang langsung menjadi asisten pelatih. Tidak ada yang pasti. Saya hanya ingin mencari informasi sebanyak mungkin,” kata pria berusia 38 tahun itu. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar