Trae Young Pilih adidas atau Anta?

| Penulis : 

Trae Young tersenyum lebar saat berfoto pada acara Media Day Atlanta Hawks, yang menandai musim ketujuhnya di NBA. Pada foto tersebut, Young memakai sepatu khas ketiganya dari adidas. Namun, alih-alih mengenakan sepatu yang sama, justru saat latihan hari pertama, Young memakai sepatu Anta.

Drama sepatu Young dimulai setelah adanya kabar bahwa adidas berencana untuk menghentikan lini sepatunya. Sekarang masa depan antara Young dan adidas semakin jelas. Peraih tiga kali penghargaan NBA All-Star itu tampaknya ingin meninggalkan merek asal Jerman tersebut.

Tim media sosial Hawks membagikan foto-foto dari latihan pramusim pertama tim, dan Young terlihat mengenakan sepatu basket Anta. 

Young jelas tidak senang dengan keputusan adidas untuk menghentikan produksi sepatu kahsnya, dan bersedia mencoba berbagai merek sepatu di lapangan. Pemain berusia 26 tahun itu mengenakan Anta Shock Wave Pro 5 dalam corak "Heterochromia". Sepatu tersebut dirilis pada bulan Desember 2023 seharga AS$165 dalam ukuran dewasa.

Bukan suatu kesalahan jika Young memilih memakai Anta. Pasalnya negosiasi kontraknya dengan adidas masih berlangsung di balik layar. Young pertama kali menandatangani kontrak empat tahun dengan adidas pada tahun 2018 dan kemudian merestrukturisasi kesepakatan tersebut sebagai bagian dari perpanjangan kontrak pada tahun 2020. Masalanya, Young selalu mendapatkan kontrak dari adidas dengan perjanjian non-signature, sebelum lini sepatunya diproduksi. Tetapi adidas tidak benar-benar serius untuk mengembangkan sepatu khasnya. 

Tampaknya merek Anta dipandang sebagai pilihan yang tepat oleh Young. Apalagi Young sangat mengagumi bintang Dallas Mavericks Kyrie Irving, dan menyadari potensi untuk mengikuti jejak mentornya melalui industri sepatu basket. Irving menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan merek pakaian olahraga asal Tiongkok tersebut pada tahun 2023. Kemitraan tersebut menjadikan Irving sebagai Chief Creative Officer ANTA Basketball.

Sebelum sepatu khas pertama Irving dengan Anta diluncurkan awal tahun 2024, ia mengenakan Anta Shock Wave 5 Pro dalam berbagai warna di lapangan. Tapi itu tidak berlangsung lama, karena Irving telah meluncurkan lini sepatu khas dan membantu mengangkat popularitas Anta ke tingkat baru di dunia basket. Young sepertinya ingin mendapatkan kebebasan yang sama dalam proses kreatif, seperti yang diberikan anta kepada Irving. (*)

Foto: Instagram Atlanta Hawks

Populer

Tiga Pemain yang Diincar Victor Wembanyama di Musim Ini
Draymond Green Tak Ragu Hadapi Klay Thompson
Kehadiran Paul George Mendongkrak Kepercayaan Diri Sixers
Akhir Perjalanan D Rose dan adidas
Kenangan Tak Terlupakan LeBron James dengan Dikembe Mutombo
Sengit di Kuarter Terakhir, Satria Muda Ungguli Pelita Jaya di Final Pertama!
Ucapan Perpisahan Karl-Anthony Towns untuk Timberwolves
Tekad Membara Luka Doncic di Musim 2024-2025
Mark Cuban Beberkan Kunci Sukses Sepatu Khas Kyrie Irving
Trae Young Pilih adidas atau Anta?