IBL

Derrick Rose mengumumkan pensiun pada Kamis (25/9). Untuk memberi penghormatan kepada MVP NBA termuda itu, Chicago Bulls akan membuat acara perpisahan. Acara tersebut diadakan pada 4 Januari 2025.

Itu merupakan jadwal Bulls menjamu New York Knicks di United Center, Chicago pada musim 2024-2025. Jadwal itu dipilih karena dua tim tersebut merupakan tempat terlama Rose singgah di NBA.

“Saya membawa kabar bahwa Chicago bull akan memberi penghormatan kepada Derrick Rose pada 4 Januari mendatang di United Center,” kata Shams Charania dalam acara Pat McAfee Show pada Selasa (1/10) waktu setempat.

Baca juga: Derrick Rose, MVP Termuda itu Akhirnya Pamit dari NBA

Tidak hanya sekedar acara penghormatan untuk Rose. Bulls akan membuat Chicago menjadi “rumah” Rose. Charania menambahkan Bulls membuat acara khusus selama bulan Januari.  “Pada dasarnya itu akan menjadi akhir pekan Derrick Rose di Chicago,” tukasnya.

Rose pensiun setelah melalui 16 musim di NBA. Tapi Rose absen satu musim karena cedera lutut parah. Cedera tersebut yang membuat kariernya anjlok. Padahal Rose merupakan pemain dengan kemampuan yang memukau.

Rose menjadi No. 1 NBA Draft 2008 dari University of Memphis. Masa-masa puncak Rose bersama Bulls pada 2008-2016. Rose membuktikan kualitasnya dengan menjadi Rookie of the Year 2009. Puncaknya ketika menjadi MVP NBA 2011 pada usia 22 tahun. Rose masuk NBA All-Star tiga kali beruntun setelah musim rukinya.

Tapi musibah terjadi di babak playoff 2012 saat Bulls melawan Philadelphia 76ers di ronde pertama. Rose cedera lutut kiri saat mencoba melompat. Cederanya parah. Rose absen musim berikutnya. Lalu hanya bermain 10 gim pada musim 2013-2014.

Akhirnya Rose ditukar ke Knicks pada 2016. Hanya semusim di New York. Rose berpindah ke Cavaliers, Timberwolves, dan Pistons. Lalu kembali lagi ke Knicks pada 2021-2023. Terakhir Rose menghabiskan satu musim di Grizzlies. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar