Kenangan Tak Terlupakan LeBron James dengan Dikembe Mutombo

| Penulis : 

Tepat saat Hari Media (Media Day), legenda NBA Dikembe Mutombo tutup usia. Pada momen tersebut, LeBron James turut mengenang pertarungannya dengan Defensive Player of the Year empat kali itu.

Kenangan itu sangat melekat dalam hidup LeBron. Bagaimana tidak? Mutombo membuat tulang wajah LeBron patah pada ulang tahunnya. LeBron juga terkesan dengan semangat kompetitif Mutombo di lapangan.

Baca juga: Perjuangan Melawan Kanker Otak Berakhir, Dikembe Mutombo Tutup Usia

“Kenangan terindah saya tentang Dikembe Mutombo? Dia mematahkan wajah saya dengan sikunya di hari ulang tahun saya di Cleveland. Saya bahkan tidak pernah mendapat kesempatan untuk menceritakan itu kepadanya. Saya tidak ingat berapa usia saya saat itu,” kata LeBron dalam sesi jumpa pers pada Selasa (1/10) di Los Angeles.

Kejadian dramatis itu terjadi pada 29 Desember 2004. Saat itu LeBron berstatus Rookie of the Year 2004. Sehari sebelum ulang tahun LeBron ke-20 pada musim keduanya di NBA, Cleveland Cavaliers menjamu Houston Rockets.

LeBron berupaya mencegah umpan dari pemain Rockets Tracy McGrady. Dalam sepersekian detik, ia menukik ke arah ring dan menghantam siku Mutombo. Benturan cukup parah yang membuat wajah LeBron retak. LeBron keluar setelah 17 menit. Cedera itu membuat LeBron harus menggunakan pelindung wajah saat bermain.

“Itu merupakan tugas pertama saya di Cleveland dan di di Houston. Saya terkena sikunya. Rasanya tidak enak. Dia mematahkan wajah saya, membuat saya pergi ke rumah sakit malam itu. Setelahnya saya memakai pelindung wajah,” tutur pemain berusia 39 tahun itu.

Kejadian itu berlangsung hampir dua dekade. LeBron telah menghadapi banyak lawan dari berbagai generasi. Tetapi tidak ada yang meninggalkan bekas dan kenangan yang mendalam seperti Mutombo.

Meski begitu, LeBron begitu menghormati Mutombo. Pada kesempatan yang sama, LeBron mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga Mutombo dan mengungkapkan kesedihan yang mendalam. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Prediksi Pemain Inti Warriors 2024-2025
Julius Randle Pamit
Chris Paul Ingin Dapat Peran Utama Lagi
D'Angelo Russell Jujur Tentang Darvin Ham
Kenangan Tak Terlupakan LeBron James dengan Dikembe Mutombo
Komitmen Shaq Untuk Tetap Membuat Sepatu Basket Terjangkau
Magic Johnson Menilai Bronny Belum Siap Tampil di NBA
Nike Ubah Desain Book 1
LeBron James Siap Memasuki Musim ke-22 
Perjuangan Melawan Kanker Otak Berakhir, Dikembe Mutombo Tutup Usia