Magic Johnson Menilai Bronny Belum Siap Tampil di NBA

| Penulis : 

Legenda Los Angeles Lakers, Magic Johnson, tidak pernah malu untuk berbagi pendapatnya tentang mantan timnya, terutama saat ada topik hangat yang dibahas seputar tim ini seperti yang terjadi saat ini menjelang musim NBA 2024-2025. Saat tampil di Jimmy Kimmel Live, Johnson ditanya pendapatnya tentang situasi dengan pemain baru Lakers sekaligus putra LeBron James, Bronny James. 

Magic Johnson adalah mantan pemain Lakers peraih 12 kali All-Star, yang punya banyak prestasi di bidang basket. Ia telah memenangkan lima gelar juara NBA, dan tiga penghargaan MVP. Sekarang bisnisnya di dunia olahraga menghasilkan kekayaan lebih dari satu miliar dolar. Sehingga Johnson tidak takut sama sekali untuk mengungkapkan pikirannya.

Johnson juga terkenal memiliki masalah dengan mantan koleganya di manajemen Lakers, Rob Pelinka. Pelinka pernah menjabat sebagai manajer Lakers di bawah Johnson, yang diangkat sebagai presiden tim pada tahun 2017. Pelinka menggantikan Johnson pada tahun 2019 ketika ia tiba-tiba pensiun. Setelah itu Lakers kemudian langsung memenangkan gelar juara, berkat daftar pemain yang disusun oleh Pelinka di sekitar bintang-bintang All-NBA LeBron James dan Anthony Davis. Johnson terkena imbasnya, dengan dituduh sebagai penyebab Lakers tidak bisa meraih gelar juara.

Foto: Sports Illustrated

Dengan latar belakang cerita seperti itu, mungkin tidak mengherankan bahwa mantan bintang era Showtime mengatakan kritik tentang pilihan Pelinka terhadap Bronny James, putra tertua LeBron James, yang diambil dari pilihan No. 55 dalam Draft NBA 2024 Juni lalu. 

Ada banyak perdebatan tentang apakah Bronny benar-benar bakat setingkat NBA pada titik ini dalam karier basketnya dan apa yang harus dilakukan pelatih kepala baru JJ Redick dan staf kepelatihannya dengan pemain baru tersebut untuk memulai musim 2024-2025.

Banyak yang menyarankan agar  Bronny harus menghabiskan sebagian besar, jika tidak seluruh, musim pertamanya sebagai pemain profesional di G League bersama South Bay Lakers. Tampaknya Johnson juga menyarankan agar pemain berusia 19 tahun itu harus bermain di G League sepanjang musim rookie-nya.

"Jika saya Bronny, saya akan memberi tahu ayah saya agar mengizinkan saya bermain di G League sepanjang musim agar saya dapat berkembang," kata Johnson. 

"Ia butuh waktu bermain. Ia tidak perlu duduk di bangku cadangan Lakers dan tidak bermain. Itu bukan hal yang merugikannya. Ia hanya belum siap. Ia perlu lebih berkembang, dan ia akan siap karena ia memiliki bakat dan keterampilan yang hebat. Namun, ia perlu mengembangkan keterampilan tersebut dengan lebih baik jika ia ingin bermain 15, 20 menit setiap malam di NBA atau lebih."

Karena Johnson menyebutkan bahwa Bronny harus memberi tahu ayahnya LeBron bahwa ia ingin bermain di G League untuk memulai karier profesionalnya, anggota Hall of Fame itu ditanya apakah menurutnya Lakers saat ini yang membuat Bronny masuk ke dalam daftar pemain Lakers.

"Saya tidak akan mengatakan itu karena saya tidak tahu itu," kata Johnson. "Tetapi jika saya ayahnya seperti LeBron, dia perlu berkembang. Sesederhana itu. Lakers telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam mengembangkan pemain, Caruso dan semua pemain ini telah berkembang di bawah pelatih Laker G League. Jadi mereka telah melakukan pekerjaan yang baik dalam membesarkan pemain dan memainkannya di NBA."

Bronny James tampil mengecewakan di NCAA untuk USC Trojans pada musim 2023-2024. Setelah mengalami serangan jantung di luar musim, Bronny absen dari kamp pelatihan dan bulan pertama tim beraksi. Ketika ia kembali, Bronny nyaris tidak menyerupai rekrutan bintang empat yang pernah ia dapatkan dari Sekolah Sierra Canyon di Chatsworth. 

Dalam 25 pertandingan dengan enam kali menjadi starter, Bronny mencetak rata-rata 4,8 poin dengan persentase tembakan 36,6 persen, ditambah 2,8 rebound, 2,1 asis, dan 0,8 steal per pertandingan.

Kepala pelatih Lakers JJ Redick telah mengisyaratkan niatnya untuk memainkan pemain berusia 19 tahun itu bersama afiliasi G League Lakers di El Segundo, South Bay Lakers. Meski begitu, Bronny dan LeBron James diharapkan setidaknya akan bermain bersama sebentar di awal musim ini. Karena dengan begitu, mereka akan memecahkan rekor sebagai duo ayah-anak pertama yang bermain bersamaan di lapangan NBA. (*)

Foto: Kelley L Cox-USA TODAY Sports

Populer

Penggemar Knicks Sedih Geng Villanova Bubar Sebelum Tanding
Magic Johnson Menilai Bronny Belum Siap Tampil di NBA
Woi Mainbasket, Gua Mau Ngomong...
Pensiun Usia 21 Tahun, AJ Griffin Beralih Jadi Pastor
Ben Simmons Daftar Teratas Pemain Bayaran Tertinggi Per Gim
Draymond Green Berpeluang Mencetak Sejarah di NBA Musim Depan
Komitmen Shaq Untuk Tetap Membuat Sepatu Basket Terjangkau
Usai Ditukar ke Knicks, Karl-Anthony Towns Langsung Pergi Latihan
Nike Ubah Desain Book 1
Paket Lengkap Nike untuk Olimpiade Paris 2024