Legenda NBA Shaquille O'Neal sekarang menjabar sebagai Presiden bola basket Reebok. Namun ketahuilah bahwa Shaq juga memiliki merek sepatu sendiri, seperti namanya, yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun. Setelah lama terkubur, kini Shaq akan kembali meramaikan pasar sepatu basket, dengan harga murah, di bawah AS$100. 

Dunkman adalah atlet andalan pertama Reebok dan sepatu Shaq Attaq miliknya telah menjadikannya salah satu merek teratas dalam bisnis ini, menyaingi Nike dan Air Jordan. Sampai ia meninggalkan perpanjangan kontrak senilai AS$40 juta. Setelah seorang wanita mengubah pandangan hidupnya. 

Suatu hari seorang wanita memarahinya di jalan karena menjual sepatu mahal kepada anak-anak. Hal itu sangat memukul Shaq, yang orang tuanya sendiri berjuang keras untuk menemukan sepatu yang terjangkau dalam kisaran ukuran 18 hingga 22.

Ia meninggalkan Reebok pada tahun 1998 untuk meluncurkan lini sepatu yang terjangkau di Walmart. Sepatu tersebut, yang tersedia dalam ukuran anak-anak dan dewasa, dijual mulai dari harga AS$10. Walmart menjual lebih dari 120 juta pasang sebelum ia memperluas usahanya ke Kohl's.

Sejak saat itu, Shaq berkomitmen untuk membuat sepatu basket dengan harga terjangkau. Meski dirinya sekarang kembali ke Reebok dengan kapasitas yang baru, dan bertugas menghidupkannya kembali ke kejayaannya di tahun 90-an, Shaq tetap memiliki tujuan untuk membuat sepatu terjangkau bagi penggemar mudanya lewat merek Shaq.

Terbaru, sepatu yang diluncurkan bernama Shaq Raq Low. Sepatu ini adalah sepatu basket yang terjangkau dengan harga $40 hingga $50 dan model gaya hidup dengan harga serendah AS$35. Ini telah menjadi kisaran harga lini alas kaki terjangkau Shaq sejak lama. Meskipun bukan bagian dari Reebok, sepatu ini memiliki logo Dunkman yang ikonik. Untuk urusan desain dan peluncuran produknya, Shaq mempercayakan kepada Kyle Barbuti. 

Barbuti merancang sepatu yang membayangkan "Aristoteles Besar" bermain basket masa kini. Ia menggambarkan rancangannya sebagai, "tekstil rajutan dengan benang TPU yang lentur, bernapas tetapi tetap bereaksi terhadap gaya dan tekanan yang diberikan! Dengan menggunakan EVA Phylon dengan respons super tinggi, saya meletakkan kaki sedalam mungkin di dalam sepatu untuk memberikan dukungan dinding samping yang agresif. Desain midsole memiliki pengaruh kuat tahun 90-an dengan sentuhan modern. Pola traksi herringbone yang beralur dan outrigger lateral membuat Anda tetap mencengkeram dan seimbang."

Ulasan awal tentang sepatu basket ini positif. Para penguji kagum dengan kualitas bahan dan kegunaannya untuk harga tersebut. Pengguna media sosial bahkan percaya bahwa sepatu ini bernilai AS$100, tetapi Shaquille O'Neal tampaknya lebih senang untuk menjaga agar sepatu basket performa berkualitas tetap terjangkau di kisaran kurang dari AS$50.

Shaq Raq tersedia terutama di Kohl's bersama dengan sepatu terjangkau lainnya seperti Shaq Speed ​​Demon (AS$40), Shaq HOF (AS$50), dan sepatu pantofel yang dikenakan O'Neal sendiri, Shaqival (AS$35). Lini sepatu ini sebelumnya tersedia di Walmart. Namun, bagaimana ia bisa sampai di sana adalah cerita yang berbeda. 

Pada tahun 2023, O'Neal dan Iverson kembali menjabat sebagai presiden dan wakil presiden basket Reebok. Mereka mengontrak Angel Reese yang memperkenalkan sepatu basket performa pertama Reebok dalam satu dekade, Reebok Engine A, pada pertandingan rookie terakhirnya dengan Caitlin Clark. Shaq melibatkan putranya, Shareef dalam desainnya, yang menunjukkan betapa seriusnya dia dalam hal ini. Reebok Engine A akan diluncurkan secara eceran pada tahun 2025. Namun sepatu performa Shaq Raq kini ada di Kohl's. (*)

Foto: Instagram Kyle James Barbuti

Populer

Draymond Green Berpeluang Mencetak Sejarah di NBA Musim Depan
Usai Ditukar ke Knicks, Karl-Anthony Towns Langsung Pergi Latihan
Woi Mainbasket, Gua Mau Ngomong...
Momentum Prawira Rusak, Pelita Jaya Melangkah ke Laga Puncak
Penggemar Knicks Sedih Geng Villanova Bubar Sebelum Tanding
Dewa United Terbenam, Satria Muda Memastikan Tempat di Final!
Pensiun Usia 21 Tahun, AJ Griffin Beralih Jadi Pastor
Paul Pierce Meragukan Knicks Bisa Juara Musim Ini
Akhir Perjalanan D Rose dan adidas
Mike Budenholzer Pastikan Tyus Jones Jadi Starter Suns