IBL

Dallas Mavericks meraih sukses besar di era Dirk Nowitzki. Untuk pertama kalinya dalam sejarah waralaba, mereka masuk Final NBA dan memenangkan gelar di final kedua. Mark Cuban, pemilik Mavericks, mengungkapkan rahasia Nowitzki meraih momen bersejarah itu.

Ternyata Nowitzki mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Itu terjadi setelah Mavericks kalah di Final NBA 2006. Mereka takluk dari Miami Heat 4-1, yang saat itu memiliki Shaquille O’Neal dan Dwyane Wade.

“Ketika kami kalah pada Final NBA 2006 melawan Miami, sikap Dirk berubah total. Dirk menjadi orang yang berbeda. Dia mempersiapkan diri dengan sangat berbeda. Dia benar-benar tidak minum alkohol selama semusim. Percayalah ini tidak seperti biasanya. Tidak ada makanan manis, tidak ada gorengan selama semusim,” kata Cuban dalam Club Shay Shay dengan Shannon Sharpe.

Perubahan itu membuahkan hasil. Memang tidak langsung menjadi juara. Nowitzki menjalani musim yang mengagumkan pada 2006-2007. Ia menjadi MVP NBA 2007 dengan rata-rata 24,6 poin, 8,9 rebound, dan 3,4 asis.

Tidak hanya itu. Dengan menghindari makanan yang tidak sehat dan mabuk-mabukan, Nowitzki membara Mavericks menjadi unggulan pertama musim 2006-2007 dengan rekor 67-15. Itu merupakan rekor terbaik sepanjang sejarah waralaba.

Mavericks memang harus bersabar. Pada musim itu, mereka kalah di ronde pertama oleh Warriors dalam enam gim. Begitu pula pada musim berikutnya oleh New Orleans Hornets. Butuh waktu lima tahun untuk Mavericks kembali ke Final NBA lagi.

Tepatnya pada musim 2010-2011. Mavericks menyelesaikan musim dengan rekor 57-25 dan menempati unggulan ketiga. Mereka melalui Blazers, Lakers, dan Thunder di Wilayah Barat. Kemudian berjumpa lagi dengan Heat di Final NBA 2011.

Saat itu, Heat berganti roster. Shaq pindah ke Boston Celtics. Heat mengakuisisi LeBron James. Mavericks berhasil membalas Heat dengan kemenangan 4-1. Nowitzki pun menjadi MVP Final NBA 2011.

Kini tongkat estafet ditangan Luka Doncic. Ia sukses membawa Mavericks ke Final NBA 2024 meski kalah oleh Celtics. Nowitzki sendiri menjadi penasihat khusus Mavericks. Kekalahan di final lalu mungkin bisa membawa perubahan dengan saran-saran dari Nowitzki berdasarkan pengalamannya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar