IBL

New York Knicks sedang melakukan perdagangan yang akan mengubah tim. Knicks hampir pasti mencapai kesepakatan untuk mendapatkan Karl-Anthony Towns, menurut sumber liga kepada The Athletic. Sebaliknya, Knicks akan mengirim Minnesota Timberwolves sebuah paket yang berisi Julius Randle, Donte DiVincenzo, dan pemain pilihan putaran pertama di masa mendatang.

Beberapa media sudah melaporkan kesepakatan tersebut. Menurut ESPN, draft pick yang menjadi bagian dari perdagangan akan menjadi first rounder 2025, top-13 protected, yang sebelumnya dimiliki oleh Detroit Pistons. Namun perdagangan tersebut akan membutuhkan keterlibatan tim ketiga untuk menyeimbangkan pertukaran gaji. Masih dari kabar ESPN, ada Charlotte Hornets yang siap mengisi peran tersebut. Knicks juga akan mengirim DaQuan Jeffries dan kompensasi draft masa depan ke Hornets sebagai bagian dari perdagangan.

Towns akan memasuki tahun pertama dari perpanjangan kontrak empat tahun senilai AS$220 juta. Sedangkan Randle akan menghasilkan AS$28,9 juta pada musim 2024-2025, dan ia memiliki opsi pemain senilai US$30,9 juta untuk musim berikutnya. Sementara DiVincenzo, memiliki sisa kontrak tiga tahun dengan total hampir AS$36 juta.

Towns, telah menghabiskan seluruh kariernya selama sembilan tahun bersama Timberwolves sejak direkrut sebagai No. 1 dalam NBA Draft 2015. Ia mencetak rata-rata 21,8 poin dan 8,3 rebound per pertandingan pada 2023-2024, kembali ke performa All-Star setelah absen sebagian besar musim 2022-2023 karena cedera lutut.

Setelah memenangkan 50 pertandingan musim lalu, yang terbanyak dalam satu dekade, Knicks telah membuat langkah signifikan untuk meningkatkan daftar pemain yang dibangun di sekitar point guard berusia 28 tahun Jalen Brunson. Selain Towns, tim memperoleh pemain sayap Mikal Bridges dalam perdagangan awal musim panas dengan Brooklyn Nets dan mengontrak kembali pemain depan OG Anunoby.

Sementara Timberwolves baru saja meraih 56 kemenangan musim ini dan melaju ke final Wilayah Barat berkat permainan gemilang Anthony Edwards. Randle menjadi All-Star untuk ketiga kalinya dalam kariernya musim lalu, tetapi menjalani operasi bahu pada bulan April. Saat itu, Knicks mengumumkan bahwa ia akan dievaluasi ulang dalam waktu lima bulan. 

Pertukaran ini merupakan kelanjutan dari langkah besar Knicks yang mengakuisisi Mikal Bridges dari Brooklyn Nets. Knicks ingin memperbaiki musim di mana mereka mencatatkan rekor 50-32 dan mencapai semifinal Wilayah Timur.

Randle hanya bermain 46 kali musim lalu karena cedera bahu kanannya. Ia terakhir bermain pada bulan Januari, lalu menjalani operasi bahu pada bulan April. Pemain yang tiga kali masuk dalam All-Star ini membukukan 24 poin, 9,2 rebound, dan 5,0 asis pada musim 2023-2024. Ia memiliki rata-rata 19,1 poin, 9,4 rebound, dan 3,7 asis sepanjang kariernya bersama Los Angeles Lakers (2014-2015 hingga 2017-2018), New Orleans Pelicans (2018-2019), dan Knicks (2019-2020 hingga 2023-2024).

Mendengar kabar yang mengejutkan tersebut membuat penggemar Knicks heboh di media sosial. Beberapa orang bersedih atas bubarnya Villanova Knicks, karena hilangnya DiVincenzo.

DiVincenzo menghasilkan poin tertinggi dalam kariernya, 15,5 poin per pertandingan musim lalu, sambil menambahkan 3,7 rebound dan 2,7 asis. Selama kariernya bersama Milwaukee Bucks (2018-2019 hingga 2021-2022), Sacramento Kings (2021-2022), Golden State Warriors (2022-2023), dan New York Knicks (2023-2024), ia memiliki rata-rata 10,6 poin, 4,4 rebound, dan 2,8 asis.

"Saya bukan penggemar berat KAT, tetapi ia lebih cocok dengan jarak dan menerima perannya untuk menjaga peluang bagi Brunson daripada menghentikan bola yang mungkin kita lihat bersama Randle. KAT memiliki catatan kesehatan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan jika mereka memainkannya di posisi 5," tulis seorang penggemar di X.

Namun, seorang penggemar NBA tampaknya berpikir Knicks berada di pihak yang kalah dalam kesepakatan itu.

"Knicks baru saja diperas," tulis mereka di X.

John Jastremski, seorang tokoh olahraga New York di SNY dan The Ringer, memiliki perasaan campur aduk tentang kesepakatan itu tetapi secara keseluruhan merasa itu positif.

"Astaga," tulisnya. "Perdagangan ini mengejutkan saya... Towns, bukan Randle, jauh lebih baik. Benci kehilangan Donte, tetapi setelah beberapa tahun terakhir, bagaimana Anda bisa tidak mempercayai rezim ini?" 

Kepergian DiVincenzo berarti menjadi akhir dari cerita "Nova Knicks" yang tidak pernah terwujud. Ia baru saja memecahkan rekor waralaba untuk tembakan tiga poin dalam satu musim. Tetapi Towns, penembak jarak jauh dengan akurasi 40 persen, akan menebus jarak yang hilang dengan penembak jitu terbaik mereka.

Knicks tidak sedalam dulu. Beberapa saat yang lalu, DiVincenzo, Josh Hart, dan Miles McBride diperkirakan akan turun dari bangku cadangan. Sekarang, DiVincenzo sudah pergi, Hart tampaknya menjadi favorit untuk masuk dalam susunan pemain inti dan McBride tampaknya akan memiliki peran yang lebih besar yang menantinya. (*)

Foto: The Guardian

Komentar