Steve Kerr Yakin Andrew Wiggins Bangkit Musim Depan

| Penulis : 

Andrew Wiggins mengalami musim terburuk dalam kariernya tahun lalu, tetapi kepala pelatih Golden State Warriors Steve Kerr mengatakan bahwa pemainnya siap untuk bangkit pada musim 2024-2025. Tahun lalu merupakan tahun yang sulit dilupakan bagi pemain berusia 29 tahun itu, tetapi pelatih Kerr mengatakan tim menaruh kepercayaan kepadanya sebagai pencetak poin kedua di belakang Steph Curry untuk musim depan.

Meski Wiggins baru kembali ke Bay Area selama beberapa hari setelah kematian ayahnya awal bulan ini, tidak butuh waktu lama bagi Steve Kerr untuk memperhatikan performa salah satu pemain andalannya di lapangan. 

"Dia tampak sangat bugar secara fisik," kata Kerr. "Saya pikir dia juga tampak... hanya berbicara dengannya, dia terdengar sangat termotivasi. Dia sangat tenang. Saya pikir dia berada di tempat di mana dia tahu beberapa tahun terakhir ini sulit karena banyak alasan, dan saya pikir dia siap untuk kembali ke tempatnya beberapa tahun lalu. Dia (pernah) membantu kami memenangkan kejuaraan. Saya mengharapkan tahun yang hebat dari Wiggs."

Baca juga: Ayah Andrew Wiggins Meninggal Dunia

Lebih dari sekadar pemain muda pendatang baru Jonathan Kuminga dan Brandin Podziemski, pendatang baru De'Anthony Melton, Kyle Anderson dan Buddy Hield, atau siapa pun dalam daftar pemain, Andrew Wiggins tanpa diragukan lagi merupakan faktor X terbesar dalam upaya Warriors bangkit kembali dalam persaingan Wilayah Barat. 

Wiggins setelah menjadi pemain Warriors pada batas waktu perdagangan tahun 2020. Tapi dia mulai menghapus reputasi yang diciptakan selama lebih dari lima tahun bersama Minnesota Timberwolves. Wiggins mengubah dirinya dari mantan pilihan draft keseluruhan No. 1, yang mengecewakan, berubah menjadi NBA All-Star 2022 dan menjadi pemain terbaik kedua di tim juara. 

Dalam dua musim pertamanya bersama Warriors, Wiggins memainkan 71 dan 73 pertandingan, tetapi kemudian hanya 37 pertandingan pada musim 2022-2023 karena alasan pribadi. Meskipun alasan pribadi berperan dalam absennya Wiggins pada musim lalu, ia juga mengalami masalah pergelangan kaki dua kali, serta penyakit fisik lainnya, tetapi tetap berhasil memainkan 71 pertandingan tetapi hanya menjadi starter sebanyak 59 kali. 

Dari pertengahan Desember hingga awal Januari, Wiggins turun dari bangku cadangan dalam 10 pertandingan berturut-turut. Kerr kemudian menempatkannya kembali dalam susunan pemain inti melawan Toronto Raptors, tetapi Wiggins mencetak tiga poin dalam kekalahan 15 poin. Ia kembali ke bangku cadangan pada pertandingan berikutnya, kekalahan telak 29 poin melawan New Orleans Pelicans, dan kembali menjadi pemain inti sepanjang sisa pertandingan. 

Sepanjang musim, Wiggins sama sekali tidak seperti pemain yang menjadi kunci Warriors memenangkan gelar keempat mereka. Perolehan poinnya turun ke posisi terendah sepanjang kariernya, yakni 13,2 poin per pertandingan. Persentase tripoinnya sebesar 35,8 persen merupakan yang terburuk sejak bergabung dengan Warriors, dan rating pertahanannya sebesar 116,3 merupakan yang terburuk di antara semua pemain Golden State. 

Itu jauh dari pemain yang mencetak 17,2 poin per pertandingan dan melakukan 39,3 persen tembakan tiga angka di ajang All-Star sebelum kemudian mencetak rata-rata 18,3 poin dan 8,8 rebound per pertandingan di Final NBA 2022 dengan rating pertahanan 103,4 yang menjaga duo bintang Boston Celtics, Jayson Tatum dan Jaylen Brown. 

Secara fisik dan mental, itulah Wiggins yang diharapkan Warriors untuk dilihat lagi. Siapa yang akan menjadi pencetak skor terbanyak kedua Warriors setelah Curry musim ini setelah Klay Thompson mengenakan jersei Dallas Mavericks adalah salah satu misteri terbesar musim mendatang, dan Kerr tampaknya mendesak Wiggins untuk mengambil alih, dengan beberapa perubahan yang akan terjadi pada skema ofensif tim.

"Saya pikir ada juga kekosongan yang ditinggalkan oleh absennya Klay yang perlu kami isi," kata Kerr. "Dia akan menghasilkan banyak poin. Namun, itu juga berarti kami harus memikirkan kembali cara kami melakukan berbagai hal, dan Wiggs pasti akan tampil. Ia adalah pemain yang telah membuktikan bahwa ia adalah pemain yang mencetak 20 poin per malam, dan kami akan sangat bergantung padanya."

Setelah musim yang tidak diragukan lagi merupakan musim terburuk dalam 10 tahun kariernya, Warriors yakin Wiggins yang sangat termotivasi siap untuk melupakan tahun lalu dan membuktikan bahwa para pengkritiknya sudah salah menilainya. 

"Saya rasa dia akan menjadi orang pertama yang mengakui bahwa dia tidak menjalani musim terbaiknya," kata manajer umum Warriors Mike Dunleavy pada hari Kamis (26/9) waktu Amerika Serikat, di Chase Center. "Telah berada di pusat kebugaran sepanjang musim panas. Saya bisa merasakan sedikit perbedaan darinya di musim ini. Tubuhnya tampak hebat. Dia dalam kondisi yang baik, siap untuk bertanding." (*)

Foto: San Francisco Chronicle

Populer

Derrick Rose, MVP Termuda itu Akhirnya Pamit dari NBA
Kabar Perpindahan Karl-Anthony Towns ke Knicks Menghebohkan Media Sosial
Pemuda yang Ditolong Shaquille O'Neal Kini Memecahkan Dua Rekor Dunia Guinness
Tak Ingin Terikat, Jaylen Brown Membuat Merek Sepatu Sendiri
Akhir Perjalanan D Rose dan adidas
Westbrook dan Jokic Saling Memuji Sebagai Lawan & Kawan
Tim Hardaway Sr. Murka Kepada Jason Kidd
Aaron Gordon Mengaku Diberi Harapan Palsu oleh AS
LeBron Seperti Berbagi Nasib dengan Caitlin Clark
Pesan Mengharukan Tom Thibodeau untuk Derrick Rose