Derrick Rose, MVP Termuda itu Akhirnya Pamit dari NBA

| Penulis : 

Derrick Rose pensiun. MVP NBA 2011 itu memberi kabar mengejutkan tersebut melalui media sosialnya pada Kamis (25/9) waktu setempat. Ini menjadi keputusan Rose yang beberapa hari lalu berpisah dengan Memphis Grizzlies.

Rose memasang iklan satu halaman depan penuh di surat kabar lokal di enam kota tempatnya bermain yakni Chicago, New York, Cleveland, Minneapolis, Detroit, dan Memphis. Iklan tersebut menampilkan kata-kata perpisahannya untuk basket, mantan tim, dan penggemar.

“Saya merasa yakin dengan keputusan ini setelah mengetahui bahwa saya telah memberikan segalanya untuk bola basket ini. Bola basket hanyalah permulaan. Sekarang penting bagi saya untuk memberikan segalanya bagi keluarga. Mereka pantas mendapatkannya,” kata Rose kepada ESPN.

Rose menjalani kariernya di NBA selama 16 tahun. Ia memiliki prospek yang menjanjikan sejak SMA dan berlanjut ke University of Memphis.Ia muncul sebagai bintang muda yang memukau dengan kemampuan atletis dan keberaniannya.

Rose menjadi No. 1 NBA Draft 2008 yang kemudian menjadi Rookie of the Year 2009. Masa-masa terbaiknya dilalui bersama Chicago Bulls. Ia kemudian terpilih sebagai MVP NBA 2011, yang membuatnya menjadi MVP termuda dalam sejarah liga pada usia 22 tahun. Rose tiga kali menjadi All-Star beruntun pada 2010-2012.

Pada musim terbaiknya 2010-2011, Rose mencatat rata-rata 25,0 poin, 4,1 rebound, dan 7,7 asis. Ia mengalahkan Dwight Howard dan LeBron James, yang menjadi finalis MVP NBA 2011.

Sayangnya, karier gemilang itu redup karena cedera lutut parah pada playoff 2012. Rose melewatkan musim 2012-2013. Setelah itu performanya tidak sama lagi. Pada musim berikutnya, Rose hanya bermain 10 gim. Rose ditukar ke Knicks setelah delapan musim di Chicago.

Rose melewati tujuh tahun terakhir dengan memperkuat Knicks, Cavaliers, Timberwolves, Pistons, dan terakhir bersama Grizzlies. Ia beberapa kali mengalami cedera dan membuatnya berpikir untuk pensiun saja. Rose akhirnya benar-benar gantung sepatu. Terjadi satu pekan sebelum ulang tahunnya ke-36 pada 4 Oktober mendatang.

Rose menutup kariernya dengan catatan 17,4 poin dan 5,2 asis dalam 723 gim termasuk 518 starter. Pada tiga musim terakhir, Rose hanya tampil dalam 77 gim. Musim lalu ia bermain 24 gim dengan Grizzlies. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Derrick Rose, MVP Termuda itu Akhirnya Pamit dari NBA
Kabar Perpindahan Karl-Anthony Towns ke Knicks Menghebohkan Media Sosial
Pemuda yang Ditolong Shaquille O'Neal Kini Memecahkan Dua Rekor Dunia Guinness
Tak Ingin Terikat, Jaylen Brown Membuat Merek Sepatu Sendiri
Akhir Perjalanan D Rose dan adidas
Westbrook dan Jokic Saling Memuji Sebagai Lawan & Kawan
Tim Hardaway Sr. Murka Kepada Jason Kidd
Aaron Gordon Mengaku Diberi Harapan Palsu oleh AS
LeBron Seperti Berbagi Nasib dengan Caitlin Clark
Pesan Mengharukan Tom Thibodeau untuk Derrick Rose