Frederic Fauthoux Pelatih Baru Timnas Prancis

| Penulis : 

Federasi Bola Basket Prancis (FFBB) mengumumkan pelatih baru timnas. FFBB menunjuk Frederic Fauthoux untuk menangani Les Bleus. Fauthoux menggantikan Vincent Collet yang sudah bertugas selama 15 tahun.

Collet mundur setelah mengantar Prancis ke final Olimpiade Paris 2024. Ini menjadi final kedua beruntun Les Bleus di Olimpiade. Collet sendiri tetap berada di tim sebagai penasihat tim kepelatihan.

Fathoux akan dibantu oleh asisten pelatih Laurent Vila dan Bryan George. Dalam beberapa turnamen internasional mendatang, George akan absen karena dia juga bertugas sebagai asisten pelatih Quin Snyder di Atlanta Hawks. Tim kepelatihan Fauthoux juga meliputi pelatih pengembangan pribadi Joseph Gomis, konsultan Pascal Donnadieu, dan koordinator video Maxime Chiron.

Sementara itu, Fauthoux juga merupakan pelatih JL Bourg di LNB Pro A sejak 2022. Pelatih berusia 51 tahun itu pernah memulai debut kepelatihan di Pau-North East (2012-2015). Kemudian menangani Metropolitans 92 pada 2015-2020. Setelah itu Fauthoux menjadi asisten pelatih Asvel selama dua musim.

Fauthoux memiliki kontrak tiga tahun dengan Bourg hingga 2025. Bourg mencapai final EuroCup musim lalu. Pada musim 2023-2024, tim tersebut mengakhiri musim di posisi kelima LNB Pro A.

Fauthoux akan memimpin Prancis menuju generasi baru. Prancis memiliki talenta muda yang menjanjikan. Victor Wembanyama menunjukkan potensinya memimpin Prancis di Olimpiade Paris 2024.

Prancis juga memiliki Zaccharie Risacher, yang merupakan No. 1 NBA Draft 2024 oleh Atlanta Hawks. Sebelum mengikuti NBA Draft, Risacher sudah mendapat didikan Fauthoux di JL Bourg.

No. 2 NBA Draft 2024 juga pemain Prancis. Dia adalah Alex Sarr yang dipilih oleh Washington Wizards. Ada pula Tidjane Salaun sebagai No. 6 yang bergabung dengan Charlotte Hornets.

Fauthoux akan memandu Prancis ke Olimpiade Los Angele 2028. Tugasnya dimulai dengan Kualifikasi EuroBasket 2025 pada November mendatang. Berlanjut ke FIBA EuroBasket 2025, Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2027, Piala Dunia FIBA 2027, dan Los Angeles empat tahun mendatang. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Kabar Perpindahan Karl-Anthony Towns ke Knicks Menghebohkan Media Sosial
Derrick Rose, MVP Termuda itu Akhirnya Pamit dari NBA
Aaron Gordon Mengaku Diberi Harapan Palsu oleh AS
Akhir Perjalanan D Rose dan adidas
Tim Hardaway Sr. Murka Kepada Jason Kidd
Tak Ingin Terikat, Jaylen Brown Membuat Merek Sepatu Sendiri
Pemuda yang Ditolong Shaquille O'Neal Kini Memecahkan Dua Rekor Dunia Guinness
LeBron Seperti Berbagi Nasib dengan Caitlin Clark
Magic Johnson Masih Kesal dengan Anthony Edwards
Westbrook dan Jokic Saling Memuji Sebagai Lawan & Kawan