IBL

Dewa United Banten memastikan diri ke semifinal IBL All Indonesian 2024. Dewa United menyapu bersih dua kemenangan fase grup. Tim asuhan Pablo Favarel itu menghentikan perlawanan Borneo Hornbills 80-71.

Hornbills sejatinya mendominasi pertandingan yang berlangsung di Hall Basket Senayan, Jakarta tersebut. Mereka bahkan memimpin 18 poin (51-33) di awal kuarter ketiga. Serangan Horbills didominasi melalui 11/32 tripoin dan meraup 19 poin dari 13 turnover lawan.

Perubahan besar terjadi di paruh kedua. Utamanya di kuarter keempat. Dewa United menggilas Hornbills dengan 10 poin beruntun. Mereka melaju 51-31 dalam dua kuarter terakhir.

“Para paruh kedua, pertahanan kami lebih baik dengan menerapkan one on one. Ini menjadi perbedaan besar. Cara ini juga berhasil mencegah mencetak Borneo mencetak poin. Kami menyesuaikan pertahanan dan lebih bisa mengambil alih,” kata Faverel.

Dewa United dan Hornbills tidak berbeda jauh. Dewa United sedikit lebih unggul dalam 30/72 tembakan. Perbedaannya pada tembakan gratis. Dewa United berhasil mengeksekusi 10/13 tembakan gratis berbanding dengan Hornbills yang hanya mencetak dua dari lima peluang.

Kaleb Ramot Gemilang juga menjadi pembeda. Kaleb menggendong timnya dengan 31 poin, 8 rebound, dan 2 asis. Ia membukukan 12/19 tembakan dengan 5 tripoin tepat sasaran selama 34 menit. Dibantu oleh Patrick Nikolas dengan dobel-dobel 12 poin dan 12 rebound. Dio Tirta Saputra memberikan 13 poin melalui 3/4 tripoin.

“Borneo selalu bisa menyulitkan kami setiap musim. Mereka membuat sistem yang kami siapkan gagal. Kami harus menyesuaikan lagi dengan cara. Bersyukur bisa comeback dan menang,” ungkap Kaleb.

Dari kubu Borneo, hampir semua pemain menyumbang poin. Wisnu Budidharma mencetak 12 poin dan 5 rebound. Wisnu melesakkan 5/9 tembakan. Jumlah poin yang sama juga diberikan oleh Muhammad Rizky Ari Daffa plus 6 rebound. (rag)

Foto: IBL

Komentar