IBL

Orlando Magic akan menghormati salah satu pendiri Pat Williams dengan patch (lencana) pada seragam mereka musim ini. Semua jersei Magic akan menampilkan garis hitam di sepanjang bagian atas sisi kiri dengan inisial "PW" berwarna putih, tim mengumumkan pada hari Selasa. Williams meninggal pada 17 Juli 2024 karena komplikasi akibat pneumonia virus. Ia meninggal pada usia 84 tahun.

Pada tanggal 22 Desember 1988, Magic menjual tiket musiman mereka yang ke-10.000, memenuhi komitmen mereka terhadap NBA dan waralaba pun lahir. Magic memasuki musim ke-36 mereka dengan harapan kembali ke babak playoff untuk tahun kedua berturut-turut. Williams menjabat sebagai manajer umum pertama Orlando sejak musim perdana tahun 1989 hingga tahun 1996 saat ia menjadi wakil presiden senior. Ia menjabat sebagai GM untuk 76ers, Bulls, dan Hawks, di mana ia meraih kesuksesan di setiap pertandingan.

Pada tahun 2012, Naismith Memorial Basketball Hall memberikan penghargaan John W. Bunn Lifetime Achievement Award kepada Williams, yang setiap tahunnya diberikan kepada tokoh internasional atau nasional yang telah memberikan kontribusi besar pada permainan basket. Kariernya berlangsung lebih dari 56 tahun, termasuk 30 tahun lebih bersama Orlando dan 51 tahun di NBA.

Ayah dari 19 anak dan penulis lebih dari 100 buku. Williams adalah seorang penyintas multiple myeloma, suatu bentuk kanker sumsum tulang yang serius. Sebagai pelari yang tekun, Williams menyelesaikan 58 maraton dari tahun 1996-2011, termasuk Boston Marathon sebanyak 13 kali.

Baca juga: Pendiri Orlando Magic Pat Williams Tutup Usia

Kecintaan pertama Williams adalah bisbol, olahraga yang membuatnya memperoleh beasiswa ke Universitas Wake Forest. Selama di Wake Forest, ia memperoleh gelar sarjana dalam pendidikan jasmani. Ia adalah pemain yang sangat berbakat selama tiga tahun sebagai penangkap bola di tim bisbol Demon Deacons dan merupakan anggota Wake Forest Sports Hall of Fame. Ia kemudian memperoleh gelar magister sains dalam pendidikan jasmani dari Universitas Indiana pada tahun 1964.

Karier bisbol Williams dimulai saat ia menandatangani kontrak dengan Philadelphia Phillies pada tahun 1962 dan menghabiskan dua musim sebagai penangkap bola untuk Miami Marlins, klub Kelas A di Liga Negara Bagian Florida. Ia dengan cepat pindah dari lapangan ke kantor depan, saat ia diangkat menjadi manajer bisnis Miami pada tahun 1964. Ia mengambil pekerjaan sebagai manajer umum di Spartanburg (SC) Phillies pada tahun 1965 dan kemudian diangkat ke posisi presiden organisasi pada tahun 1967.

Pada tahun 1967, ia dipilih sebagai Eksekutif Liga Minor Tahun Ini oleh The Sporting News. Williams tetap aktif dalam bisbol sebagai penangkap bola dalam pertandingan Dream Week di Florida selama musim dingin. Ia juga merupakan presiden tim Liga Selatan Double-A Orlando dari tahun 1990-1993.

Williams lahir di Philadelphia pada tanggal 3 Mei 1940, dan dibesarkan di dekat Wilmington, Del., tempat ia bersekolah di Tower Hill School. Ia terpilih menjadi anggota Delaware Sports Hall of Fame pada tahun 2001. Dia meninggalkan istrinya Ruth dan 19 anak mereka, 14 di antaranya diadopsi dari empat negara. (*)

Foto: nba.com

Komentar