IBL

Robert Horry menjadi salah satu pemain dengan cincin juara terbanyak. Hampir setiap tim yang disinggahinya juara NBA. Tapi satu hal yang luput dari pembicaraan yaitu Naismith Basketball Hall of Fame. Horry merasa namanya layak masuk dalam museum yang berada di Springfield, Massachusetts itu.

Dilansir melalui laman Lakers Nation, Horry mendapat dukungan dari Rudy Tomjanovich. Mantan pelatih Houston Rockets itu menilai Horry cukup layak dan punya kontribusi penting bagi timnya.

“Anda berpikir tentang begitu banyak pemain yang mencetak poin dan melakukan berbagai hal. Tetapi mereka tahu apa yang mereka perlu lakukan untuk membuat tim lebih baik. Saya pikir salah satu hal yang orang lupa adalah Basketball Hall of Fame. Bukan NBA Hall of Fame. Jika melihat karier saya, sudah cukup jelas (layak),” ucap Horry.

Horry memiliki tujuh gelar dari tiga tim yang berbeda. Dua dari Rockets (1994 dan 1995), tiga dari Los Angeles Lakers (2000, 2001, 2002). Serta dua dengan San Antonio Spurs (2005 dan 2007). Hanya Phoenix Suns yang tidak ada gelar.

Catatan itu menyamai Jim Loscutoff dan Frank Ramsey. Lebih banyak dari Bob Cousy, Kareem Abdul-Jabbar, dan Michael Jordan yang memiliki enam gelar. Sedangkan pemain dengan gelar NBA terbanyak adalah Bill Russell dengan 11 cincin bersama Boston Celtics. Sam Jones di posisi kedua dengan 10 gelar. Delapan gelar NBA masing-masing dimiliki oleh Tom Heinsohn, K.C. Jones, Satch Sanders, dan John Havlicek.

Selama 16 tahun di NBA, Horry paling lama membela Lakers (1997-2003). Perannya memang minim. Ia memiliki julukan Big Shot Bob. Julukan itu karena Horry datang sebagai penentu kemenangan saat momen krusial.

Koleksi gelar Horry memang banyak. Tapi ada beberapa hal yang membuat Horry dinilai kurang tepat masuk Hall of Fame. Seperti statistiknya yang medioker. Ia hanya memiliki rata-rata 7 poin, 4,8 rebound, dan 2,1 asis per gim.

Selain itu, Horry juga tidak meraih penghargaan individu yang menonjol. Ia bahkan tidak pernah masuk NBA All-Star dan gelar bergengsi lainnya. Horry hanya pernah masuk All-Rookie Second Team 1993.

Sementara itu, Hall of Fame diberikan kepada pemain yang memiliki kontribusi terhadap basket. Hanya 111 pemain NBA yang masuk Hall of Fame. Artinya hanya 3 persen dari pemain di liga yang namanya terukir di museum tersebut. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar